Minggu, H / 14 Juli 2024

Anniversary ESQ Ke-24, Fokus untuk Menyiapkan SDM Cerdas dan Berkarakter untuk Mewujudkan Indonesia Emas 2045

Sabtu 18 May 2024 22:49 WIB

Reporter :EDQP

Tangkapan Layar

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA - ESQ sebagai lembaga Training Pengembangan Karakter, selama 24 tahun terakhir konsisten memberikan pelatihan SDM, dengan jumlah alumni mencapai lebih dari 5 juta orang, yang tersebar di berbagai belahan dunia.

Di hari jadinya yang ke-24 tahun tepat di tanggal 16 Mei 2024, ESQ Corp di bawah naungan Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian sebagai pimpinan yang Ambidextrous tersebut telah mencetak berbagai prestasi. 

Dalam perayaan resepsi yang akan digelar pada tanggal 19 Mei 2024 di Menara 165 itu, akan dihadiri oleh Prof. dr. H. Fasli Jalal Ph.D. (Rektor Universitas YARSI), Prof. Dr. K.H. Nasaruddin Umar, M.A. (Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta), Para Korwil dan Korda Forum Komunikasi Alumni (FKA) ESQ se-Indonesia, dan tamu undangan sekitar 700-800 orang.

Ary Ginanjar, Motivator nasional itu akan jadi narasumber talkshow dengan tema "Menyiapkan SDM Cerdas dan Berkarakter, untuk Mewujudkan Indonesia Emas 2045."

"ESQ telah berhasil mendirikan Menara 165 dan telah meresmikan berdirinya Univeritas UAG yang merupakan transformasi dari sebelumnya yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen dan Ilmu Komputer ESQ (STIMIK ESQ) yang di resmikan pada tanggal 24 Maret 2024.

Universitas UAG yang merupakan bagian dari milestone capaian ESQ ini menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang mendidik SDM Cerdas dan Berkarakter. Kurikulumnya dirancang dengan keseimbangan IQ, EQ dan SQ," kata Ary Ginanjar.

Mengingat, begitu banyak permasalahan mental yakni 15,5 juta (34,9 persen) remaja mengalami masalah mental dan 2,45 juta (5,5 persen) remaja mengalami gangguan mental. Dari jumlah itu, baru 2,6 % yang mengakses layanan konseling, baik emosi maupun perilaku (Indonesia-National Adolescent Mental Health Survey 2022). Sedangkan 6,1 % penduduk Indonesia berusia 15 tahun ke atas mengalami gangguan kesehatan mental (Kementerian Kesehatan Indonesia Survey 2018). 

"Oleh karenanya, salah satu jurusan di Universitas UAG yang sangat relate dengan permasalahan mental adalah Sarjana S1 Personal & Organizational Psychology. Program studi psikologi berbasis karakter yang secara komprehensif mempelajari human technology.

Program studi ini bertujuan untuk melahirkan mahasiswa yang siap bekerja dan menguasai cara meningkatkan kapasitas dan kapabilitas manusia melalui teknik coaching, hypnotherapy, dan NLP.

Program studi ini juga mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi profesional di bidang SDM yang membantu organisasi untuk membangun lingkungan kerja yang happy, healthy and wealthy," papar pendiri ESQ tersebut.

Lebih lanjut, "Mari kita merapatkan barisan dan meningkatkan kesungguhan dan kerja keras membangun mental dan moral bangsa ini. Harapannya pada 2045, 10% penduduk Indonesia adalah alumni ESQ dengan 5% nya adalah para pemimpin yang sudah dibekali dengan nilai-nilai 165.

Para pemimpin yang memiliki bekal tidak hanya intelektual namun juga kecerdasan emisional dan spiritual yang diperlukan bangsa ini. Mereka-lah yang akan menentukan arah perjalanan bangsa, menuju pada cita- cita bangsa atau justru membawa negara ini ke dalam jurang kehancuran."

<more>

Di milad ESQ yang menuju tahun perak ini, banyak sekali ucapan, doa, harapan dari tokoh-tokoh berpengaruh di Indonesia ini seperti:

Menteri Kemenparekraf, Sandiaga Uno, mengucapkan, "Selamat ulang tahun ESQ ke yang 24 dan terus menginspirasi dan selamat untuk Prof. Dr. Ary atas segala visionernya dan mudah-mudahan ke depan para alumni berkolaborasi untuk mencapai Indonesia emas 2045."

Director and Global Marketing Head Mayora Group, Ricky Afrianto sampaikan, "Saya juga pengen mengucapkan selamat ulang tahun untuk ESQ agar selalu sukses dan semakin banyak membawa kebahagiaan dan kemajuan bagi bangsa Indonesia."

Ketua Umum P3I Jakarta, Janoe Arijanto katakan, "ESQ sudah mencapai umur 24 tahun itu luar biasa. Memiliki konsep yang luar biasa, konsep yang panjang, dan itu terus dihidupkan sampai hari ini. So, saya ucapkan selamat kepada Pak Ary Ginanjar dan ESQ."

Willy Winarko-Saykoji (content creator) menuturkan, "Untuk ESQ ga nyangka ya ternyata udah cukup lama sekali menginspirasi di Indonesia pastinya lanjutkan terus dan terakhir kali aku ke sana kayaknya so many people inspired, banyak banget temen temen yang mungkin hidupnya berubah karna apa yang disebarkan gitu ya sangat banyak hal hal yang positive dan pastinya sangat berguna untuk kita semua. Sukses terus pastinya selamat ulang tahun happy milad dan pastinya selalu menginspirasi."

Di sela-sela acara akan ada penyerahan penghargaan yakni kategori Corporate Culture Award dan Character Building Award. Dari Corporate Culture diraih oleh PT. Bank Syariah Indonesia Tbk. (BUMN), Kementerian PUPR (tingkat Kementerian), Bank Indonesia (Lembaga).

Lalu, ada Pemkab Sukamara (Pemda), Bank BJB (Bank Daerah), PDAM Surya Sembada Kota Surabaya (PDAM Daerah), RSAB Harapan Kita (Rumah Sakit), PT. Kalimantan Prima Persada (Astra Group) (Swasta) dan Character Building Award (Kategori khusus, kampus yang fokus kepada pembangunan karakter) diraih oleh Universitas Esa Unggul.

Sebelum berlangsungnya acara puncak ini, telah dilaksanakan beberapa agenda Road to Milad ESQ ke-24 di antaranya Mental Health Talkshow dan Mental Health Ranger (11 Mei 2024), Fun Charity Run 5K (12 Mei 2024), Gathering Guru BK (14 Mei 2024), kegiatan internal bersama Ksatria atau karyawan ESQ Corp (16 Mei 2024) dan Rapat Koordinasi Nasional bersama Korwil serta Korda Se-Indonesia (18 Mei 2024).

Dan sebagai penutup resepsi milad ESQ, akan ada hiburan serta Penampilan Live Band dari Panji Sakti.

Kemeriahan ini juga disupport atau disponsori oleh Bank Syariah Indonesia, BKI, HK, PT. Riung Mitra Lestari, Wardah, Kahf, Angkasa Pura Sarana Digital, Inspire 165, IBIMA, Baba Rafi Enterprise, Auf Bakery, Kartel Daun, RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi, GB Parking, Horison. Serta Media Partner yaitu bisniswisata.co.id dan ESQNews.id.

Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA