Sabtu, H / 22 Januari 2022

ACT Consulting Program, Cara Hilangkan Cemas ala Leaders Pupuk Kaltim

Kamis 22 Apr 2021 13:13 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Potret suasana Training

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA - Leadership Development Program IV batch 7 telah berlangsung di Pupuk Kaltim (PKT) pada Kamis (22/4/2021) secara virtual. Puluhan leaders PKT dipandu oleh Coach Risman dan Abri (trainer lisensi dari Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian).


Risman mengingatkan kembali bahwa saat ini masa pandemi masih berlangsung, era VUCA atau perubahan datang silih berganti. Tidak ada kepastian, ketidakjelasan dalam segala aspek kehidupan manusia.


Menurutnya, terkadang kita merasa khawatir, cemas, kesal, kecewa, marah atas hal-hal yang akan datang, yang tidak bisa diprediksi oleh nalar. Namun, kita semua harus melewatinya, bertahan hidup, merespon keadaan, untuk hasil yang positif.



<more>


"Saya mau tanya dulu nih ke para leader Pupuk Kaltim. Kira-kira pernah merasa khawatir, cemas, was-was, sedih akan suatu hal termasuk dengan kondisi saat ini?" tanyanya.


Jawaban "pernah" yang diketik oleh puluhan peserta terlihat dari kolom chat zoom meeting.


"Lalu, bagaimana caranya kalian mengatasi perasaan negatif tersebut? Adakah tipsnya, boleh share yahhh," kata trainer ACT Consulting itu.


Berikut beberapa sharing dari mereka:


Asrianto, "Mengahadapinya dengan lebih tenang. Banyak beribadah dan sujud kepada Tuhan Yang Maha Esa."


Choirul, "Tipsnya dari saya untuk menghilangkan rasa khawatir itu harus dengan olahraga. Atau kegiatan apapun yang bisa menimbulkan kesibukkan sendiri."


Putri Hensky, "Saat khawatir atau sedih lebih legowo. Ingat setiap wejangan dari ibu."


Budiman, "Ngumpul bareng teman."


Sarjono, "Tenang dulu, pasrah pasti ada solusi, berdoa berusaha."




Kedua trainer tersebut memberikan apresiasi atas jawaban yang menurutnya luar biasaaa, juga atas antusias dan semangat para partisipan.


"Jawaban bapak dan ibu sangat mantappp. Saya hanya ingim menambahkan saja yah. Yaitu dengan ilmu GKF atau Gerak, Kata, Fokus kepada hal yang positif. Maka lahirlah energi positif.


Energi kita menular kepada orang sekitar. Maka tips ini bagus karena melahirkan hormon endorphin, sehingga imun kita meningkat. Setelah sesi ini, bapak dan ibu akan diperkenalkan ilmu hipnoterapi oleh Coach Abri yah," jelas Risman.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA