Senin, H / 08 Agustus 2022

Abjad dalam Kehidupan Anak (1)

Jumat 28 Feb 2020 11:28 WIB

Author :Ida S. Widayanti

Ilustrasi

Foto: Buku 'Mendidik Karakter dengan Karakter'

ESQNews.id, JAKARTA - Seorang anak perempuan berusia lima tahun sangat berbahagia ketika memiliki adik bayi. Ia pun senang memainkan berbagai perlengkapan adik bayinya itu. Pada suatu hari, ia sibuk memainkan guling adik bayinya. Benda empuk dan ringan berbentuk bulat dan panjang itu baginya amat menarik.


Dicobanya dibuat berbagai bentuk. Ia bertanya pada ibunya, “Ummi, ini bentuk apa?” Sang ibu menjawab, “Itu lingkaran.”


“Salah, ini huruf O, Ummi. Ini huruf aku, kan namaku Olin!” Si Ibu menoleh pada anaknya, lalu berseru, “Wah, kakak kreatif ya, belajar huruf pakai guling,” ujar sang ibu sambil memeluk anaknya yang masih bayi.


Si ibu cukup takjub dengan ide anaknya. Si anak tersenyum dan makin bersemangat mencoba berbagai bentuk. “Ummi, ayo tebak yang ini huruf apa?” Pertanyaan demi pertanyaan terus meluncur dari mulut mungil sang anak.


Meski sang ibu sedang repot mengurus berbagai kebutuhan bayinya, ia berusaha untuk terus menjawab pertanyaan sang anak.


“Ummi, ini Ummi lho,” ujar si anak sambil melengkungkan guling membentuk huruf u.


<more>


Tak lama kemudian ia berujar, “Aku sekarang tahu, huruf u, c, dan n itu bentuknya mirip loh, tapi arahnya beda. Kalau u ke atas, c menghadap ke samping, dan n ke bawah. Lihat nih!”


”Subhanallah, kakak sudah pandai melihat perbedaan dan persamaan dari huruf u, c, dan n, ya. Lihat, adik bayinya ikut belajar. Nanti dia akan cepat pandai membaca karena diajarkan huruf sejak kecil oleh kakaknya!” Anak perempuan itu tersenyum senang.


“Kalau nama adik bayi harus pakai dua guling seperti ini nih huruf k,” ujar si anak.


Tak lama kemudian, sang anak bisa membaca. Bahkan suatu hari ia menulis surat pada ibunya, “Untuk Ummiku yang baik sama aku karena Ummi sudah melahirkan adik bayi.”


Apa yang terjadi pada kisah di atas adalah contoh menarik bahwa membaca adalah hal yang sesungguhnya mudah bagi anak-anak. 


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA