Minggu, H / 29 Januari 2023

5 Cara Agar Tetap Sehat di Musim Hujan

Sabtu 02 Feb 2019 08:26 WIB

Reporter : Santi Rahmawati

Menghadapi hujan disaat macet

Foto: Freepik

ESQNews.id, Posisi geografis Indonesia yang strategis dan terletak di daerah tropis, menyebabkan wilayah Indonesia memiliki keragaman cuaca dan iklim. Keragaman iklim Indonesia dipengaruhi fenomena global seperti El Southern Oscillation (ENSO) yang bersumber dari wilayah Ekuator Pasifik Tengah dan Indian Ocean Dipole (IOD) yang bersumber dari wilayah Samudera Hindia barat Sumatera hingga timur Afrika.

Selain itu, keragaman iklim juga dipengaruhi oleh fenomena regional, seperti sirkulasi angin monsun Asia-Australia, Daerah Pertemuan Angin Antar Tropis atau Inter Tropical Convergence Zone (ITCZ) yang merupakan daerah pertumbuhan awan, serta kondisi suhu permukaan laut sekitar wilayah Indonesia. 

Menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) curah hujan yang terjadi di Indonesia diperkirakan umumnya mulai bulan Oktober 2018 sebanyak 78 ZOM (22.8%), November 2018 sebanyak 147 ZOM (43.0%), dan Desember 2018 sebanyak 85 ZOM (24.9%). Sedangkan beberapa daerah lainnya awal Musim Hujan terjadi pada Agustus 2018 sebanyak 12 ZOM (3.5%), September 2018 sebanyak 10 ZOM (2.9%), Maret 2019 sebanyak 5 ZOM (1.5%), April 2019 sebanyak 4 ZOM (1.2%) dan Mei 2019 1 ZOM (0.3%).

Seperti yang dilansir dari times of India, berikut ini adalah 5 hal yang harus Anda jaga agar tetap sehat di musim hujan:

1. Menjaga pola makan sehat


                                                        

Memberi perhatian khusus pada pola makan Anda selama musim hujan sangat penting jika ingin tetap sehat. Menjaga metabolisme Anda dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran. Namun, pastikan semuanya dicuci dengan benar sebelum dikonsumsi. Ini dapat mencegah Anda tertular penyakit yang ditularkan melalui air yang menyebar selama musim ini. Untuk menghindari alergi musiman, infeksi, demam virus, dan banyak lagi, jauhi makan makanan jalanan yang tidak higienis. Sebaliknya, konsumsilah lebih banyak makanan yang dimasak di rumah dan pilihlah minuman panas atau hangat daripada yang dingin.


2. Pastikan lingkungan Anda higienis



Baik di rumah atau di tempat kerja, pastikan lingkungan Anda bersih dan bebas dari nyamuk dan serangga yang mengerumun. Ada berbagai alat atau bahan pembasi serangga yang dapat Anda pilih. Misalnya, alat penguap cair atau plug-in listrik sangat bagus untuk digunakan di dalam ruangan, sementara kumparan nyamuk lebih cocok untuk digunakan di kebun, balkon dan ruang luar lainnya. Anda juga dapat memilih semprotan anti serangga untuk melindungi diri dari lalat dan serangga lain saat melangkah keluar. Selain itu, pastikan lingkungan sekitar Anda bebas dari sampah dan genangan air.


3. Berolahraga secara teratur


                                                                   

Meskipun hujan dapat telah menyumbat lintasan lari atau berjalan, dan semua ruang terbuka secara umum, namun, seharusnya tidak menghentikan Anda untuk tetap melakukan olahraga harian. Jika Anda tidak bisa pergi ke gym, pastikan Anda melakukan latihan ringan atau sedikit yoga dan peregangan di rumah. Tulang yang pegal dan sendi yang berderit cenderung menjadi lebih buruk selama musim hujan, dan kondisi seperti radang sendi, panggul linu dan rematik menjadi lebih umum. Latihan sendi dan otot secara teratur dapat memastikan bahwa mereka tetap dilumasi dan kuat, dan mencegah rasa sakit yang tidak diinginkan. Selain itu, olahraga membantu meningkatkan kekebalan tubuh, yang dapat membantu Anda melawan penyakit.


4. Minum air bersih dan murni

                                                                

Penyakit seperti kolera dan diare cukup merajalela selama tahun ini, dan penyakit ini menyebar melalui air. Karena itu sangat penting bagi Anda untuk minum air minum bersih. Pastikan air yang Anda minum disaring atau direbus. Hindari minum air dari tempat yang tidak dikenal. Jika Anda bepergian, bawa botol air Anda sendiri atau beli air kemasan murni. Selain itu, hindari minum jus atau cairan lain dari pedagang pinggir jalan yang tidak higienis karena bisa berisiko.


5. Sedia payung sebelum hujan


Nah, tips yang terakhir adalah bagaimana kita bisa melakukan persiapan sebelum datangnya hujan. Karena kita tidak mungkin menghindari hal tersebut terjadi, maka kita perlu melakukan persiapan dengan membawa payung, jas hujan, sepatu boat jika diperlukan dan persiapan lainnya yang dapat digunakan untuk menghadapi hujan. 

Merawat tubuh dengan baik tidak hanya memastikan Anda tetap sehat, tetapi juga dapat membuat musim hujan lebih menyenangkan, sehingga kita selalu menjadi orang yang senantiasa bersyukur. Selamat mencoba!


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA