Kamis, H / 09 Desember 2021

4 Tipe Orang di Lingkup PT Petrokimia Gresik, Pelajaran dari Tayangan Video!

Rabu 28 Apr 2021 12:54 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Potret saat kegiatan berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA – ACT Consulting mencurahkan ilmunya lewat sebuah program bertajuk “Culture Fertilizer on Boarding Workshop di PT Petrokimia Gresik (PKG) Batch 1” selama dua hari pada Selasa-Rabu (27-28/4/2021) secara online. Puluhan insan PKG dipandu langsung oleh trainer lisensi dari Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian yakni Coach Nofel Windo.


Nofel menayangkan sebuah video hasil riset dari negeri orang, yang berkaitan dengan karakter atau 4 tipe orang pada umumnya. Video itu mengilustrasikan sebuah keadaan saat mengalami perubahan, atau suatu hal yang baru, dan bagaimana cara kita untuk menghadapinya.




Cara atau langkah dari orang-orang itulah yang menentukan mereka dari golongan atau tipe orang yang seperti apa.


Puluhan peserta terlihat serius namun tetap santai melihatnya.



"Baikkk, dari simulasi video tadi dapat disimpulkan ada 4 tipe orang yaitu innovators, early adaptors, late adaptors, dan resistors."


Satu persatu ia jelaskan dengan terperinci, agar semuanya lebih paham.


"Innovators yaitu tipe orang yang memiliki inovasi. Saat terjadi perubahan ia langsung bergerak, bertindak. Ia juga yang bisa memberikan contoh kepada yang lain. Kemudian tipe yang early adaptors juga bisa menyesuaikan dengan kondisi yang ada, namun tak setanggap innovators.


Selanjutnya tipe yang ketiga adalah late adaptors, yang artinya dia tipe orang yang ikutserta berubah, beradaptasi, namun harus melihat atau menunggu jika ada hasilnya baru bertindak. Dan yang terakhir yakni resistors, ia hanya terdiam, belum siap ikut berubah bahkan menolak perubahan," paparnya dengan terperinci.




Selanjutnya, insan PKG dibagi menjadi 4 kelompok (karena ada 4 tipe orang) untuk berdiskusi selama 10 menit dan mempresentasikannya.


"Setiap orang di sini memiliki karakter yang berbeda. Anda perlu memiliki sinergi yang tepat untuk menjadi Culture Fertilizer ini, maka perlu mengetahui sisi negatif maupun positif dari 4 tipe tersebut," kata trainer beralis tebal itu.


Waktu diskusi telah usai, kini giliran presentasi setiap kelompok. Kelompok resistors mengawalinya, diwakilkan oleh Franky dan Aldifi Kresmagus.




"Untuk resistors, kalau dilihat dari sisi positive characternya yaitu sebagai pemberi kritik, masukan terkait perubahan, berpendirian kuat dan tidak menyukai ketidakpastian. Sedangakan negative characternya itu dia sulit untuk diajak berubah, menjadi provokator dan demotivator," jelas Franky.


Sedangkan Aldifi jelaskan terkait influence strategies (suatu cara hadapi orang resistors) yakni pendekatan personal, jadikan sebagai kritik atau masukan, ajak dalam proses perubahan, dan berikan pemahaman terperinci.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA