Jumat, H / 29 Maret 2024

31 Tahun PT Surveyor Indonesia Berkiprah Membuahkan Hasil! Dapat 2 Penghargaan AKHLAK Award 2 dari ACT Consulting, Dirut: Harus Kita Tindaklanjuti untuk Sebuah Action Plan

Selasa 30 Aug 2022 08:54 WIB

Reporter :EDQP

Potret saat kegiatan berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA - Beberapa waktu yang lalu masih terasa moment kebahagian para Leaders dan seluruh Insan PT Surveyor Indonesia karena usai merayakan hari jadi yang ke 31 tahun. Mendapatkan piala dan piagam penghargaan AKHLAK Award 2 dari ACT Consulting merupakan salah satu hadiah yang diraihnya selama puluhan tahun berkiprah sebagai perusahaan independent assurance.


Piala dan piagam yang diraihnya itu diserahkan langsung oleh Founder ACT Consulting Ary Ginanjar Agustian kepada M. Haris Witjaksono (Direktur Utama) di lantai 4 Gedung Surveyor Indonesia, PT Surveyor Indonesia pada Senin, 29 Agustus 2022. Sebagai informasi, acara ini juga dilaksanakan secara online melalui zoom meeting.




"Alhamdulillah di ulangtahun yang ke 31 ini Surveyor Indonesia dapat 2 penghargaan sekaligus dari ACT Consulting. Saya senang sekali Pak Ary Ginanjar selaku CEO ACT Consulting bisa hadir langsung ke sini. Dimana beliau telah melakukan pengukuran terhadap budaya kerja atau AKHLAK kita. Kesehatan budaya kita di mapping oleh Pak Ary. Dan menurut saya pengukuran ini sangat penting," kata Haris di depan podium.


Menurutnya alasan Surveyor Indonesia melakukan assessment oleh ACT Consulting terkait implementasi AKHLAK itu sendiri karena melihat figurnya Ary Ginanjar pendiri ESQ yang selama ini memberikan sebuah panduan dan arahan terkait bagaimana penerapan daripada meaning untuk menjalankan pekerjaan sehari hari.




"Saya yakini ACT Consulting ini 1 lembaga independen yang bisa menyajikan assessment dengan baik. Dimana indikator indikatornya diturunkan dari AKHLAK itu sendiri mampu menjawab tantangan daripada kebutuhan ke depan. Dan sejalan dengan AKHLAK ini maka kita juga telah merancang berbagai transformasi kurang lebih kita mulai dari tahun lalu. Dan dilaksanakan mulai bulan maret," kata Dirut PTSI.


Salah satu transformasi yang dilakukan yaitu digitalisasi, baik dalam bisnis maupun SDM nya. Kemudian setelah melihat hasil pengukuran budaya kerja dari ACT Consulting yang disebut ACHI (AKHLAK Culture Health Index) tersebut, Haris menghimbau kepada seluruh Insan PTSI untuk membuat action plan.


"Jadi hasil yang diberikan oleh Pak Ary ini harus kita tindaklanjuti untuk sebuah action plan. Merencanakan siapa saja yang jadi penanggungjawab setiap nilai dasar BUMN ini. Dan harapannya dengan program program ini mereka akan mampu memberikan performa lebih baik lagi dari sebelumnya," tuturnya.




Ia juga melanjutkan, "Ada 5 program yang ingin saya tekankan kepada rekan rekan semua untuk menindaklanjuti hasil dari pengukuran ACHI ini yaitu pertama kita harus tahu posisi kita hari ini ada dimana, setalah tahu posisi kita ada dimana lalu kita tahu akan melangkah kemana. Kemudian kita jadi tahu apa yang dibutuhkan untuk menuju ke sana. Kita tahu apa saja yang harus kita lalui dan bagaimana cara untuk melalui itu semua."


Paparan yang disampaikan Dirut PTSI itu menuai tepuk tangan yang sangat meriah dari Saifuddin Wijadjaya (Direktur Komersial), Rosmanidar Zulkifli (Direktur Keuangan dan Manajemen Resiko), Lussy Ariani Seba (Direktur Sumber Daya Manusia), VP Divisi Bisnis Strategis, VP Unit Penunjang Bisnis, GM Cabang Jakarta, Culture Rangers sedangkan online GM dan SM Cabang Non JKT, AVP Divisi Bisnis Strategis, AVP Unit Penunjang Bisnis. 


Tak lupa, Ary pun mengulurkan tangannya sembari tersenyum sebagai bentuk apresiasi atas paparan yang disampaikan Haris.


"Selamat kepada Pak Haris dan rekan rekan PT Surveyor Indonesia mendapatkan AKHLAK Award untuk Kategori Anper BUMN di Klaster Manufaktur & Survey atas indeks implementasi AKHLAK serta penghargaan karena Indeks Implementasi Harmonis PT Surveyor Indonesia senilai 45,2%. Artinya di atas rata-rata BUMN yaitu 41,4%. PTSI menjadi salah satu pemenang dari 176 BUMN dan Anpernya. Wah luar biasa," puji Ary.




"Apa yang dilakukan bapak sangatlah luar biasa jadi izin saya di sini bukannya mau mengajari ikan hiu berenang. Karena program program yang telah dibuat menjadi modeling bagi perusahaan. Namun tak dapat dipungkiri bahwa dokter itu tak mungkin periksa badannya sendiri. Pasti perlu dokter lain juga. Jadi mudah mudahan apa yang kami sampaikan berdasakan pengukuran ACHI ini sebagai bentuk penyempurnaan apa yang telah Pak Dirut sampaikan tadi," lanjutnya.


Putri Pamela selaku Managing Partner menjelaskan background diadakan ACHI ini yakni untuk mengetahui tahapan implementasi Values AKHLAK melalui pengukuran dan kajian. Sehingga dapat menjadi acuan pengembangan program yang akan dilakukan selanjutnya guna menunjang tercapainya target perusahaan.

"Salah satu pengukuran ini kita jadi mengetahui DNA of Organization PTSI yakni organisasi yang memperhatikan Profesional, Berintegritas (memenuhi janji/komitmen) yang tergambar pada perilaku karyawan dan budaya kerja sehari-hari," tutur Pamela.

Secara keseluruhan, tingkat positif energi di PTSI ini sangat tinggi yakni 91.4% dan berada di kategori High Positive Energy. Hal ini bisa mendukung pencapaian kinerja organisasi yang efektif dan efisien.

"Pengukuran itu bukan tentang nilai atau score nya yah. Tetapi tentang pemaknaan atas apa yang terjadi di organisasi," sambungnya.

Saat ini, Common Goals, Growth, Relationship, dan Sustainability adalah merupakan area yang sudah menjadi fokus baik di Nilai Pribadi, Budaya Saat Ini dan Budaya yang diharapkan kesamaan visi, misi, semangat untuk bertumbuh dan berkembang, hubungan interpersonal dan terkait pemenuhan kebutuhan dasar.


Adapun beberapa program yang direkomendasikan oleh ACT Consulting untuk lebih meningkatkan kinerja para leaders serta insan PTSI yaitu dengan ilmu Coaching. Sebagai gambaran, ada cuplikan video saat Ary Ginanjar meng-coaching salah satu insan Pusri untuk pencapaian target. Alhasil Dirut Pusri kagum bahwa pencapaian tersebut terealisasikan.


Untuk itu, Ary Ginanjar memberikan kesempatan kepada salah satu tim dari PTSI untuk mengikuti training coaching bersertifikat dari BNSP secara gratis.


"Saya sangat appreciate dengan cara AKHLAK yang dibawakan oleh Pak Ary Ginanjar pada hari ini. Terus terang itu sangat menginspirasi kami terutama bagi jajaran leader dan manajemen PTSI. Kemudian yang kedua juga saya sangat berterimakasih atas apresiasi dari ACT Consultint khsusunya kepada Pak Ary yang sudah memberikan hadiah kepada saya yaitu berupa training coaching certified selama 5 hari secara gratis langsung dibawakan oleh Pak Ary," kata Indah dari Divisi Human Capital.


Ia juga menambahkan, "Tadi telah disampaikan bahwa coaching ini sangat berbeda. Coaching ini berdampingan dengan ilmu ESQ. Dan sudah ada videonya terkait contoh coaching yang sudah terbukti atau terimplementasi di PUSRI yang bisa mencapai targetnya. Dan itu mudah mudahan bisa dibawa ke PTSI untuk bisa lebih menggerakan PTSI khususnya bagi leaders untuk perform lebih baik lagi." 


<more>


Informasi tambahan, bahwa pengukuran ACHI ini juga dipakai oleh seluruh Kementerian dan Lembaga Pemerintahan. Sehingga semuanya memiliki alat ukur atau penggaris yang sama.


“Akhirnya Indonesia menggunakan penggaris atau alat ukur yang sama. Mari kita doakan semoga prosesnya berjalan lancar dan bisa membantu terlaksananya Budaya Kerja ASN BerAKHLAK, aamiin...Salam BerAKHLAK,” harap Ary Ginanjar Agustian (Founder ESQ Group/ACT Consulting).


Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) melakukan Survei Pemetaan dan Pengukuran Budaya Kerja ASN (Indeks BerAKHLAK) Tahun 2022 dengan PT. Arga Bangun Bangsa/ACT Consulting untuk 632 Kementerian/ Lembaga/Daerah untuk kurang lebih 4 juta ASN yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.


Pengisian survei Indeks BerAKHLAK akan dimulai pada tanggal 29 Agustus 2022. Program ini dibagi dalam 4 batch, yaitu: Instansi Pemerintah wilayah Indonesia Barat, kemudian wilayah Indonesia Tengah, lalu wilayah Indonesia Timur dan yang terakhir Instansi Pemerintah Pusat.




Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA