Jumat, H / 24 September 2021

21 Perusahaan Ternama Gunakan Program Culture Monitoring System dari ACT Consulting

Sabtu 10 Jul 2021 11:01 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: boardmember.com

ESQNews.id, JAKARTA – ACT Consulting telah merancang sebuah Program yaitu Culture Monitoring System (CMS) yang terintegrasi secara online dan berfungsi untuk membantu organisasi dalam berbagai hal. Program ini sebagai sarana untuk pengumpulan pelaporan pelaksanaan program budaya, mendapatkan informasi factual, dan mendapatkan hasil analisa serta nilai dari masing masing unit kerja.

 

Culture Monitoring System (CMS) itu merupakan suatu sistem yang dirancang untuk memonitor program budaya yang ada di suatu perusahaan yang dijalankan oleh Change Leader dan Change Agent.

 

Sebagai informasi, berikut ini daftar perusahaan yang telah menggunakan jasa ACT Consulting untuk program CMS yaitu Telkom Indonesia, Telkomsel, Pertamina, United Tractors (member of ASTRA), AHM (PT Astra Honda Motor), Trakindo CAT, Pupuk Indonesia, Toyota Indonesia, Auto2000, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Adira Finance, Bank Indonesia, Bank BRI, BNI, Mandiri, Antam, Komatsu, Daihatsu, KPP, Patria, Astra International dan lainnya.

 

Menurut Dwitya Agustina (VP ACT Consulting) sebuah perusahaan memerlukan adanya program CMS ini. Mengapa? Karena dengan adanya sistem monitoring dapat membantu proses evaluasi pelaksanaan program budaya oleh Change Leader dan Change Agent dan dapat langsung dipantau oleh Tim Budaya Perusahaan. 

 

“Objektif dari CMS ini yaitu mensistemkan pelaporan dan monitoring implementasi budaya di dalam organisasi, memudahkan proses evaluasi kinerja berkala bagi para Change Agent di semua unit kerja, mengintegrasikan data-data agenda perubahan secara menyeluruh, serta memudahkan proses evaluasi dan penilaian ketika akan melakukan kegiatan selebrasi budaya organisasi,” jelasnya.


<more>

 

Ada beberapa stages atau tahapan yang akan dilakukan jika menggunakan program ini yakni dengan Workshop Change Leader dan Change Champion, Workshop Change Agent, Inisiasi Program Budaya dan Implementasi Action Plan, Monitoring evidence atau bukti pelaksanaan action plan, serta Konsultasi dan evaluasi.

 

ACT Consulting akan melakukan monitoring berkaitan dengan action plan yang telah dijalankan oleh Change Leaders dan Change Agents di perusahaannya. Proses pendampingan tersebut disarankan berlangsung kurang lebih selama 12 bulan. Namun tak menutup kemungkinan, jika ada penawaran dari klien, ACT Consulting akan menerima apapun permintaan dari mereka.

 

Tak hanya itu, dalam melakukan monitoring harus ditentukan terlebih dahulu penilaian yang dilakukan akan sampai level organisasi yang mana apakah sampai per :  Direktorat / Divisi / Unit Kerja. 

 

Seperti tujuan dari monitoring ini sendiri yaitu untuk melihat sejauh mana progress action plan yang telah diimplementasikan atau dijalankan perusahaan. Karena setiap bulannya, Change Agent harus mengumpulkan evidence atau bukti action plan yang sudah dilaksanakan melalui Culture Monitoring System (CMS), kemudian dilakukan Evaluasi Efektivitas Change Agents.

 

Selanjutnya adalah mekanisme atau penggunaan (users of culture monitoring system) dari program ini antara lain:

 

1. Tim Budaya PT X, Tim Budaya akan diberikan akses untuk memantau implementasi program budaya di masing-masing unit kerja.

2. Change Agents, Change Agents melaporkan mengenai program, deskripsi dan lampiran action plan yang sudah dijalankan.

3. Tim ACT Consulting, ACT Consulting sebagai admin yang memantau dalam penggunaan CMS. 

 

Supaya lebih jelas alurnya, ACT Consulting menyiapkan area penilaian dalam culture monitoring system seperti berikut:





 

Adapun sosialisasinya bagi pengguna CMS yakni Tim Budaya dan Change Agent dapat menonton video tutorial pengisian CMS dan membaca user guide yang telah disiapkan. 


Program CMS juga telah diaplikasikan ke dalam bentuk webinar. Salah satunya telah digelar di PT Indonesia Power pada tanggal 4-5 Juni 2020. Tujuannya adalah agar 80 orang Change Agent memiliki mindset dan skill yang tepat dalam memandang perubahan. Sehingga motivasi Change Agent tetap terjaga dan mengetahui gambaran progress Action Plan yang telah dilakukan.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA