Minggu, H / 29 Januari 2023

10 Daerah di Indonesia Komitmen Perkuat Budaya Tangguh Bencana, Dimana Saja?

Kamis 28 Mar 2019 09:49 WIB

Reporter :AA

Komitmen 10 Pemda dalam Penguatan Budaya Masyarakat Tangguh Bencana

Foto: bnpb

Sepanjang 2018, terdapat 2.572 bencana dengan jumlah korban meninggal dunia 4.814 jiwa.


ESQNews.id, JAKARTA – Sepuluh Pemerintah Daerah di Indonesia berkomitmen untuk memperkuat budaya masyarakat tangguh bencana. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan kesepuluh pemerintah daerah itu adalah Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Lampung, Banten, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, DKI Jakarta dan Daerah Istimewa Yogyakarta.


“Kita harus mampu menyusun rencana jangka panjang karena peristiwa alam akan berulang,” ujar Kepala BNPB Doni Monardo saat kesepakatan berlangsung, Rabu (27/3/2019), di Bandung, Jawa Barat, seperti dalam keterangannya.


Doni mengatakan melalui penguatan budaya, kearifan lokal seperti gotong royong dan tolong menolong akan terus hidup di masyarakat dan sejak dini anak-anak memperoleh pemahaman terkait potensi ancaman di sekitarnya. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan pihaknya ingin menciptakan peradaban baru penanggulangan bencana.


“Penanggulangan bencana ini akan diterjemahkan melalui mekanisme kerjasama di antara 10 provinsi,” ujar Kamil. Sutopo mengatakan 10 daerah ini merupakan anggota Mitra Praja Utama (MPU) yang teridentifikasi sebagai wilayah rawan bencana. Mereka, lanjut Sutopo, mendorong masyarakatnya untuk mengantisipasi ancaman bencana dengan tujuan menciptakan masyarakat tangguh bencana.


Catatan BNPB, sepanjang 2018 bencana di Pulau Jawa paling banyak terjadi di Jawa Tengah dengan 582 kejadian, menyusul Jawa Timur 448 kejadian, dan Jawa Barat 339 kejadian. Sepanjang 2018, tambah Sutopo, terdapat 2.572 bencana dengan jumlah korban meninggal dunia 4.814 jiwa.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA