Minggu, H / 15 Desember 2019

Cara Puasa Sebelum Nabi Muhammad SAW (2)

Jumat 12 Apr 2019 15:47 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Puasa versi nabi-nabi yang lainnya

Foto: Youtube

ESQNews.id, JAKARTA – Setelah puasa Nabi Adam AS, ada beberapa puasa menurut versi Nabi-nabi yang lain. Contohnya adalah Nabi Nuh AS yang puasanya selama 3 hari/bulan setiap tahunnya. Seperti yang kita kenal dengan sebutan puasa putih yang hukumnya sunnah. Puasa putih dikerjakan setiap tanggal 13,14 dan 15 Hijriyah.


Baca juga: Cara Puasa Sebelum Nabi Muhammad SAW (1)

 

Selain puasa Nabi Nuh AS adapula puasa Nabi Daud AS yang tradisi puasanya 1 hari puasa dan 1 hari berbuka. Puasa Nabi Daud AS dikenal sebagai puasa yang terbaik dari puasa lainnya. Seperti yang sudah dikatakan Rasulullah SAW dalam HR. Muslim bahwa “Sebaik-baiknya puasa adalah puasa Daud, yaitu sehari berpuasa dan sehari berbuka.”

 

Begitu pun dengan versi yang berbeda dari Nabi Daud AS adalah puasa Nabi Musa AS. Nabi Musa dan kaumnya melaksanakan puasa selama 40 hari salah satunya puasa pada tanggal 10 Muharram. Bertujuan sebagai ungkapan rasa syukur atas kemenangan yang diberikan oleh Allah SWT dari kejaran Fir’aun. Sehingga ditetapkan oleh Allah untuk puasa sunnah pada 9 dan 10 Muharram untuk membedakan puasa kaum yahudi yang puasanya ditentukan oleh sendiri.




Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA