Jumat, H / 26 April 2024

Webinar Data Science serta MoU antara ESQ Business School dengan 2 Institusi Ini!

Jumat 25 Mar 2022 16:05 WIB

Reporter :EDQP

Potret Saat Acara Berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA – Jumat 25 Maret 2022 ESQ Business School menggelar 2 acara sekaligus dalam 1 waktu, yakni Memorandum of Understanding (MoU) serta webinar dengan tema Data Science. Tentu saja acaranya dilakukan secara daring melalui Zoom Meeting.

 

ESQ Business School kali ini adakan kerjasama dengan 2 institusi yakni Univesitas Sampoerna dan PT Hacktive Teknologi Indonesia. Dimana, ESQ Business School selaku pihak pertama dan 2 institusi lainnya sebagai pihak kedua.

 

Di awal acara, Founder dari ESQ Group, Dr. H.C Ary Ginanjar Agustian menyapa Drs. Wahdi Salasi April Yudhi, M.Dev.Admin., Ph.D. (Rektor Universitas Sampoerna), Juventia Vicky Riana (President Hacktiv8), Daniel Choky Simanjuntak (Business Partnership Hacktiv8), Dr. Asri Pertiwi, S.T., M.M (Ketua ESQ Business School) beserta jajaran dari setiap pihak.

 

“Pandemic ini kita harus saling bersinergi, senantiasa mensupport satu sama lain. Harapannya dengan kerjasama di antara kita ini bisa saling menguntungkan. Salah satunya dalam rangka membangun merdeka belajar. Semoga lebih luas lagi kerjasamanya,” tutur Ary di hadapan puluhan partisipan yang bergabung dalam Zoom Meeting.


 

Siapa sangka, Rektor dari Universitas Sampoerna ini merupakan alumni ESQ sejak 10 tahun yang lalu, “Rindu sekali suasana training ESQ pada saat itu. Ingin rasanya adakan pertemuan itu lagi dekat-dekat ini. Sampai sekarang masih terkesan dalam hati saya, istri dan anak-anak waktu itu.”

 

“Oleh karenanya, hari ini juga kami bermaksud untuk kerjasama dengan ESQ Business School untuk bersama sama menghasilkan calon pemimpin yang berkarakter. Serta kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat untuk Indonesia lebih maju lagi,” harap Wahdi dengan penuh optimis.


 

Sama halnya dengan institusi selanjutnya yaitu PT Hacktive Teknologi Indonesia yang ikutserta memberikan sambutannya oleh Daniel Choky Simanjuntak sebagai perwakilan.

 

“Perjanjian kerjasama ini dalam rangka sebuah Program Hacktiv8 dan Penyaluran lulusan antara PT Hacktive Teknologi Indonesia dengan ESQ Business School. Kerjasama dalam bentuk IT maupun non IT. Harapannya mari kita saling belajar satu sama lain, saling bahu membahu, mendukung para mahasiswa Indonesia semakin baik ke depannya,” paparnya.

 


Kemudian prosesi penandatanganan secara online antara ESQ Business School dengan Universitas Sampoerna dan PT Hacktive Teknologi Indonesia. Hasil tandatangannya itu diperlihatkan secara langsung dari layar Zoom, serta tak lupa untuk mengabadikan moment tersebut dengan foto bersama.



<more>


 

Setelah proses MoU berlangsung, dilanjutkan dengan webinar yang mengusung tema “The Right Step for The Right Outcomes in Data Science.” Hadir beberapa narasumber di antaranya Prof.Ir. Media Anugerah Ayu, M.Sc.,Ph.D. (Sampoerna University), Erza Sofian, S.Kom.,M.Sc (ESQ Business School) serta Raka Ardhi (Hackativ8). Oleh karenanya, acara ini dibagi menjadi tiga sesi.

 

Bicara soal Data Science, Media Anugerah Ayu memaparkan pendapat dari Wang 2015 bahwa, “Data science is the science which uses computer science, statistics and machine learning, visualization and human computer interactions to collect, clean, integrate, analyze, visualize, interact with data to create data products.”


 

“Kurang lebih arti dari paparan tersebut menjelaskan bahwa data Science adalah ilmu yang merupakan gabungan dari berbagai macam ilmu di antaranya Ilmu Komputer, Matematika, Statistik, dan Strategi Bisnis. Data Science saat ini juga banyak dipakai di dunia industri dan dunia professional,” tuturnya.


Ia juga menambahkan, “Mengapa ini penting? Sekarang ini, data science sangat populer dan sangat dibutuhkan seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi.”


Selanjutnya, paparan dari Dosen ESQ Business School, Erza Sofian. Ia menjelaskan bahwa sejak tahun 2012, ESQ Business School (EBS) telah berhasil melahirkan para mahasiswanya untuk menjuarai berbagai kompetisi di tingkat Nasional maupun Internasional. Tentunya, ini tak lepas dari peran, dukungan, dan didikan para dosen yang mengajarkan mereka dengan metode SKI.


Metode SKI (Spiritual, Kreativitas, dan Intelektualitas) yang diajarkan oleh para dosen kepada para mahasiswa EBS adalah metode pengajaran yang tak hanya mengedepankan pengajaran untuk nilai-nilai intelektual (akademik) saja, tapi juga digabungkan antara pengajaran dalam hal emosional dan spiritualnya.


"Untuk mencapai kesuksesan, tak cukup hanya punya kecerdasan intelektual saja, tapi juga harus seimbang antara kecerdasan emosional dan spiritualnya," tuturnya.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA