Jumat, H / 29 Maret 2024

Wali Kota Banjar Buka Kegiatan ESQ untuk Unit Pengumpul Zakat dan ASN se-Kota Banjar

Jumat 20 Jan 2023 15:09 WIB

Reporter :EDQP

Tangkapan Layar

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, BANJAR - Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si berkesempatan untuk membuka kegiatan Emotional Spiritual Quotient (ESQ) Training untuk para Unit Pengumpul Zakat (UPZ) se-Kota Banjar yang bertempat di Aula Somahna Bagja Dibuana Setda Kota Banjar, Selasa tanggal 17 Januari 2023.

 

Kegiatan yang digagas oleh Baznas Kota Banjar ini diikuti oleh 500 peserta yang berasal dari Perwakilan Perangkat Daerah, BUMD serta Petugas UPZ se-Kota Banjar.


 

ESQ training merupakan training kepemimpinan dan pengembangan kepribadian dengan tujuan membentuk karakter tangguh yang memadukan konsep kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) secara terintegrasi dan transendental.

 

Wali Kota Banjar mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan yang merupakan hasil Kolaborasi Baznas Kota Banjar dengan Baznas Provinsi Jawa Barat. Wali kota menambahkan, berbagai bencana terjadi saat ini menjadi cerminan bagi kita untuk kembali pada Al Quran.



 

"Tantangan kedepan semakin berat, namun demikian itu semua kita kembalikan kepada Allah SWT dengan berserah diri,” ujarnya.

 

Menurutnya, program ESQ penting diikuti oleh para Petugas UPZ serta para ASN, karena program ini berkaitan dengan moralitas, peningkatan jati diri serta pengembangan sikap yang didasarkan pada etika.


"Kegiatan ini memberikan keseimbangan antara kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual. Semoga kegiatan ini dapat membangkitkan kekuatan serta mengerahkan seluruh potensi diri kita ke depannya untuk pekerjaan yang lebih produktif,” pungkas wali kota.


<more>


Selanjutnya, untuk menggapai harapan tersebut dan perkuat intelektual, emosional serta spiritual para Duta Akhlak dan Duta Zakat, Coach Yendra (trainer ESQ lisensi dari Ary Ginanjar Agustian) memaparkan sesinya dengan terperinci dan fun.


Ia menuturkan tentang cara agar bisa menghadapi segala tantangan yang nyatanya kita semua berada di era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity) atau disebut juga jaman yang serba tidakpasti, berubah dengan cepat, ketidakjelasan dan lainnya.




Oleh karena itu, Kader dari Ary Ginanjar itu memberikan tips kepada ratusan orang dihadapannya yakni dengan 5 Super Agility (Change agility, Mental agility, People agility, Learning agility dan Result agility).


“Artinya, sebagai Petugas UPZ serta para ASN yang akan menjadi calon pemimpin bangsa, kalian harus memiliki 5 agility, change agility yakni mampu beradaptasi dengan perubahan apapun, mental agility yakni mampu bertahan dalam kondisi apapun, people agility yakni mampu bekerja sama dengan siapapun, learning agility yakni mampu memahami dan mempelajari hal baru dengan cepat, dan result agility yakni mampu tetap berprestasi dalam kondisi apapun,” paparnya.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA