Senin, H / 15 Juli 2024

Universitas Brawijaya Ikutsertakan Dosen & Tendik Pelatihan ESQ, Sekaligus MoU!

Kamis 09 Mar 2023 16:32 WIB

Reporter :EDQP

Potret saat kegiatan berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, MALANG - Demi meningkatkan kualitas dosen dan tendik, Universitas Brawijaya (UB) mengirimkan 161 dosen dan tendik untuk mengikuti Training ESQ Executive. Pelatihan berlangsung selama 2 hari pada Sabtu-Minggu (4-5/3/2023) di Gedung Samantha Krida UB, Malang.


Wakil Rektor IV bidang Perencanaan, Kerjasama dan Internasionalisasi UB, Andi Kurniawan, SPi.,MEng., DSc berkesempatan membuka secara resmi training ESQ mewakili sang Rektor. Dilanjutkan dengan penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) antara UB dengan ESQ Leadership Center.





Penandatanganan Kerjasama antara ESQ Leadership Center dengan UB merupakan dalam rangka pengembangan SDM dan Budaya Organisasi.

MoU ini ditandatangani langsung oleh Wakil Rektor IV UB sebagai pihak pertama. Serta oleh Founder ESQ Group Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian selaku pihak kedua.

Dalam sambutannya, Warek mengatakan, “Saya yakin UB siap melakukan transformasi spiritual, meminjam bahasa Pak Ary, dengan nilai universal di jaman digital yang semakin modern atau maju ini.”




Andi Kurniawan juga turut berpartisipasi sebagai peserta ESQ Executive. Beliau berbagi pengalamannya setelah merasakan perjalanan Hari Pertama Training ESQ, bahwa kebenaran Universal di dunia ini memang real adanya.


“Dan saya merasakan bahwa nilai nilai Universal ini bisa kita manfaatkan untuk melakukan transformasi sosial membuat Indonesia lebih baik, membuat diri kita lebih baik, keluarga kita lebih baik.”





Beliau juga menyadari bahwa sesungguhnya Allah itu ada dan bersyukur bisa meneteskan air mata kerinduan kepada Sang Pencipta.

“Itu mahal, dan saya benar benar bersyukur. Air mata saya sampai jatuh menyadari bahwa jauh di lubuk hati saya, saya merindukan Allah dan itu luar biasa. Mantap ESQ,” ungkapnya.





Training ESQ ini disampaikan langsung oleh Ary Ginanjar Agustian dan Iman Herdimansyah (expert modul development ESQ), serta para trainer yang sudah mendapatkan lisensi.

Training ESQ adalah sebuah pelatihan terkait kepemimpinan dan pengembangan kepribadian dengan tujuan membentuk karakter tangguh yang memadukan konsep kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) secara terintegrasi dan transendental.


<more>


“Riset membuktikan bahwa kecerdasan intelektual hanya berperan sekitar 10-20% dalam kesuksesan seseorang. Maka sisanya harus diimbangi dengan 2 kecerdasan lainnya,” ucap Ary.

Dilanjutkan olehnya, “Dalam training ini juga diharapkan bisa memunculkan kembali nilai-nilai fitrah manusia, dan menemukan jawaban atas tiga pertanyaan yaitu Siapa saya? Dimana saya? Mau kemana saya?”





Penulis buku ESQ Best Seller itu mengutip kalimat dari Jules Verne, “Perjalanan terjauh bukanlah perjalanan ke luar angkasa atau menyelam ke dasar samudera. Tetapi perjalanan terjauh adalah ketika menyelam ke dalam jiwa.”

“Time flies but memory remains. Bahagia dan bangga bisa bersama dengan 1.000 peserta selama dua hari ini. Menyaksikan langsung air mata pencerahan sungguh sebuah pengalaman indah tak terlukiskan. Semoga semua yang telah didapatkan abadi tertanam di hati sebagai bekal mengarungi perjalanan kehidupan dengan tenang dan bahagia.”





Jumlah perserta yang hadir mencapai 1000 orang. Selain dari UB, peserta ada yang berasal dari RS Prima Husada, PT POMI, Pemkot Batu, BPSDM Provinsi Jawa Timur, PDAM Jawa Timur, beberapa perusahaan dan instansi lainnya.







Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA