Selasa, H / 04 Oktober 2022

Uang Mainan Diinfakkan

Jumat 01 Jul 2022 08:52 WIB

Reporter :EDQP

Tangkapan Layar

Foto: Dokumen Pribadi Mushlihin

Oleh: Mushlihin


ESQNews.id, JAKARTA - Apabila setelah salat Jumat dilaksanakan, maka kami tidak bertebaran di bumi. Kami mencari karunia Allah dengan berdiskusi tentang cara memakmurkan masjid. Kami juga membuka empat kotak infak yang terletak di pintu masuk dan keluar baik lantai satu maupun dua. Kotak infak yang terpantau kamera tersembunyi itu tidak dijalankan antar jamaah.


Kami menghitung uang pecahan seribu, dua ribu, lima ribu, sepuluh ribu, dua puluh ribu, lima puluh ribu dan seratus ribu. Jumlahnya lima juta enam ratus dua puluh sembilan ribu rupiah. Kami sangat kaget. Ada beberapa lembar uang mainan. Nilainya  seratus lima puluh ribu rupiah.


<more>


Kami menduga-duga. Siapa gerangan yang memasukkan uang mainan ke dalam kotak infak? Apakah lansia yang tertipu? Apakah simbol protes jamaah terhadap takmir? Ataukah anak-anak yang iseng? Kami tidak menyelidiki, apalagi  menginterogasi siapa pelakunya.


Bukankah Allah telah berfirman. Kamu tidak akan memperoleh kebajikan, sebelum Kamu menginfakkan sebagian harta yang Kamu cintai. Dan apa pun yang Kamu infakkan, tentang hal itu sungguh, Allah Maha Mengetahui (QS.3:92).


Kami hanya berembug. Keputusannya uang mainan disobek dan dimusnahkan supaya tidak meresahkan. Selain itu merekomendasikan kepada ustadz untuk mengedukasi jamaah, santri alias siswa  biar tidak mempermainkan kotak infak.


Mari kita ingat Allah banyak-banyak agar beruntung. Jangan memasukkan uang mainan ke dalam kotak infak. Akibatnya menjadi sesalan dan semakin bangkrut, bahkan menghuni jahanam (QS.8:36).


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA