Jumat, H / 22 Oktober 2021

Tugas Leader Bukan Sekadar Problem Solver

Kamis 20 Sep 2018 13:20 WIB

Ida S. Widayanti

Huda dalam 3.0 Coaching

Foto: Ida SW


ESQNews.id, BOGOR – “Apakah Anda termasuk leader yang senantiasa menyelesaiakan masalah? Apakah Anda menyelesaikan masalah sampai akar atau hanya gejalanya?” Dua pertanyaan itu disampakan Syarifah Noorul Huda yang biasa disapa Coach Huda pada Training 3.0 Coaching di hadapan sekitar 30 peserta pada Kamis (20/9) di Aston Sentul Lake Resort & Conference Center


Menurut Huda, seorang leader tidak cukup problem solver tapi seharusnya mampu membangun talent (develope talent) karyawannya. Jika senantiasa mengambil alih dalam setiap persoalan maka kemampuan bawahan tidak terbangun. 


Diakui oleh Huda bawa terkadang para leader sering masuk perangkap kesibukan. Karena  merasa kurang memiliki waktu sehingga ingin proses yang cepat. 


Oleh karena itulah skill coaching sangat diperlukan para leader agar mampu membangun kemampuan karyawannya dalam menyelesaikan masalah. Dengan metode coaching maka talent dan kekuatan karyawan akan dapat dibangkitkan.  


Lalu bagaimana jika karyawan melakukan kesalahan? Huda memberi saran agar memanggil karyawan untuk diskusi mencari akar permasalahannya (root couse) agar mereka memiliki wawasan dan pikiran yang jauh. Seringkali masalah yang terlihat di permukaan berkaitan dengan skill, knowledge, dan attitude. Sedangkan sumber permasalahannya justru pada believe dan values yang berada di alam bawah. 


Inilah yang digali dalam 3.0 Coaching, bukan hanya bagaimana mencapai target, namun bagaimana membangun kekuatan dari dalam dan menggali talent yang dimiliki para karyawan. 


Sebagaimana HP yang batrenya cepat habis jika terlalu banyak aplikasi yang dibuka. Karyawan juga demikian, tampak sibuk, tampak banyak kerja, namun sesungguhnya banyak energi terbuang percuma. Hal ini yang sering dihadapi karyawan. Dengan teknik coaching maka karyawan dapat membuat setting goal dan menentukan prioritas.


Dapatkan Update Berita

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA