Selasa, H / 04 Oktober 2022

ToT (Training of Trainers ) ke 39 di Cisarua, Ini Pesan Pesan yang Disampaikan Ary Ginanjar (Selaku Guru) Kepada Muridnya

Kamis 22 Sep 2022 20:02 WIB

Reporter :EDQP

Potret Saat Acara Berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA - ToT (Training of Trainers ) ke 39 telah berlangsung selama 5 hari pada tanggal 17-21 September 2022 di dua tempat yang berbeda. Hari pertama dan kedua dilaksanakan di Menara 165 bersamaan dengan Training ESQ Executive yang dihadiri sebanyak 600 peserta. Sedangkan hari 3 hingga ke 5 digelar di Training Center ESQ, Cisarua Bogor.

 

Para trainer yang berasal dari seluruh Indonesia itu adalah kader kader dari Ary Ginanjar Agustian untuk meneruskan visi misi ESQ serta nilai 165 ke depannya. Agenda ini dilakukan secara rutin, minimal 1 kali dalam setahun.

 

“Dari 100 Trainer, telah terelimasi 55 orang, setelah 22 tahun tersisa tinggal Best of the Best sebanyak 45 orang saja. Merekalah yang akan melanjutkan misi ESQ menuju Indonesia Emas 2045. Mohon doa
Bismillah,” kata Ary Ginanjar.


<more>

 

Sebagai informasi , ToT merupakan program pembekalan bagi tenaga pengajar (guru, dosen, trainer, instruktur, widyaiswara, dan lain-lain) untuk memiliki keterampilan dalam melakukan proses belajar mengajar. Mulai dari perencanaan hingga evaluasi.

 

Program ini juga akan meningkatkan kompetensi bagi mereka sebagai tenaga pengajar yang berstandar nasional dan bersertifikasi negara by BNSP. Melakukan standarisasi kompetensi atau memiliki sertifikat profesi adalah salah satu cara untuk bisa bersaing di era VUCA. Sertifikat yang diakui dan dikeluarkan oleh lembaga resmi dan kredibel akan membantu seseorang mengembangkan karirnya.

 

Berbagai program dan agenda dilakukan selama 5 hari tersebut, mulai dari shalat (tahajud dan subuh berjamaah), tausiyah, outbond, sanad 165, ta’limul muta’allim (oleh Ustadz Alvian), sharing and caring with beloved guru, new paradigm as facilitator (Anti Widayanti), consulting mindset (Putri Pamela), assessment center (Wawan), trainer development roadmap D&D Leaders, sales training (Omar Sterling) dan lainnya.

 

“Saya mendapatkan 6 Rukun belajar salam Kitab Ta limul Muta alim yakni Cerdas (semua orang cerdas yang membuat bodoh adalah malas), Semangat untuk meraih impian, Sabar, Bekal/modal, Patuh terhadap Petunjuk mentor, Menyediakan waktu yang panjang,” ungkap Putra (trainer ESQ Wilayah Jawa Tengah).


 

Di sela-sela waktu, Ary Ginanjar terlihat membagikan baju-bajunya yang dahulu pernah dipakai setiap kali training kepada puluhan Kadernya. Baju tersebut terlihat sangat layak pakai daan terlipat rapi seperti baru.

 

“Saya menyerahkan baju-baju sehari-hari saya sebagai simbol regenerasi Trainer ESQ yang terus menyebarkan misi ESQ menuju Indonesia Emas 2045. Ada yang kebesaran, ada yang kekecilan, tapi semua harus menyesuaikan diri, inilah makna teamwork dan loyalitas. To live, To love, To learn, To leave the legacy,” kata Pendiri ESQ Group itu.



 

Dari video yang dibagikan oleh Asisten Pribadi Ary Ginanjar itu nampak Para trainer tersebut sedang mengantri, bergiliran menerima baju dari gurundanya. Mereka satu persatu menyebutkan nama, asal, lalu memilih baju yang beraneka ragam warna dan ukuran dengan suka cita.

 

“Bukan soal bajunya, tapi simbol kepercayaan saya kepada mereka. Simbol sanad ESQ kepada mereka. Hak, wewenang, tanggung jawab mereka untuk memakai baju Ary Ginanjar. Ini lah kader kader ESQ, penerus perjuangan saya setelah 22 tahun berjuang. Percaya lah kepada mereka, mereka meneruskan seluruh Indonesia bahkan Malaysia dan insyaAllah seluruh dunia,” harap Founder ACT Consulting dengan antusias.


 

Rasa haru, syukur, bahagia dirasakan seluruh trainer pada detik itu. Lewat rekaman video, beberapa dari mereka mengungkapkan rasa suka citanya kepada gurunda.


Arief G Rahman Saleh (Trainer ESQ Wilayah DKI Jakarta), “Ini bukan hanya sekedar baju, tapi ini Ridho dari seorang guru. Ini bukan sekedar baju tapi ini adalah amanah dan kepercayaan dari seorang guru yang sangat sayang kepada muridnya. Terimakasih Pak Ary atas kepercayaannya.”


Muhlis Samsudin (Trainer ESQ Wilayah Sulawesi), “Alhamdulillah pagi hari ini mendapat hadiah dari gurunda tercinta Pak Ary Ginanjar. Ini sebuah simbol kecintaan seorang guru. Tentu kami sebagai murid sangat mencintai guru dan kominten untuk menjalankan amanah serta berjuang menyebarkan nilai 165 seluruh wilayah di Indonesia dan InsyaAllah menyebar ke seluruh dunia. Dan ketika memakai kemeja ini, InsyaAllah akan mengingatkan pesan dari gurunda tercinta yang senantiasa membawa spirit dan semangat 165. Selalu bersyukur, istiqomah dan senantiasa tawadhu."


Zain (Direktur Training ESQ), “Alhamdulillah hari ini merupakan pagi yang sangat membahagiakan bagi kami. Karena bagi kami baju ini adalah sebagai wujud kasih sayang dan ridho seorang guru untuk mewariskan semua ilmunya untuk bisa kami kuasai dan tentu untuk kelanjutan perjuangan 165 ke depannya."


Saprianto (Trainer ESQ Wilayah Riau), “Alhamdulillah. Pagi ini mendapat rezeki dari Allah melalui Gurunda kami Bapak Ary Ginanjar yaitu satu buah baju kemeja berwarna putih yang sering beliau pakai di training-training ESQ. Sebuah kehormatan yang diberikan, sebuah amanah yang dititipkan, sebuah pesan untuk selalu menjaga misi perjuangan dan menyesuaikan dengan guru, baik itu secara fisik, emosi dan spiritual. Terimakasih gurunda, mohon doa dan ridhonya slalu atas amanah serta ilmu yg diberikan. Semoga Allah selalu menyayangi Bapak.”



 


 

selebihnya klik di sini


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA