Jumat, H / 22 Oktober 2021

ToT Skema 3, Insan Pendidik: Di Sini Saya akan Presentasikan Tentang Learning Objective

Kamis 10 Dec 2020 16:57 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Potret saat kegiatan berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA – Training of Trainer (ToT) Certification Skema 3 digelar oleh ESQ Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) selama 3 hari pada Rabu-Jumat (9-11/12/2020) by online. Sekitar 20 orang dari berbagai kalangan yang notabennya adalah sebagai pedidik join dalam gelaran tersebut.

 

ToT merupakan program pembekalan bagi tenaga pengajar (guru, dosen, trainer, instruktur, widyaiswara, dan lainnya) untuk memiliki keterampilan dalam melakukan proses belajar mengajar.

 

Program ini di mulai dari perencanaan hingga evaluasi, juga akan meningkatkan kompetensi peserta sebagai tenaga pengajar yang berstandar nasional dan bersertifikasi negara by BNSP.



<more>

 

Coach Rendy Yusran serta Coach Eka Chandra (trainer lisensi dari Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian) yang mendampingi peserta online hingga akhir sesi.

 

Seperti kebiasaan yang dilakukan oleh ESQ, di awal acara trainer ESQ itu men-transfer energi positifnya dengan gerakan dan iringan music energic kepada insan pendidik.

 

Selanjutnya, mereka dibuat beberapa kelompok dalam breakout room untuk saling sharing dan diskusi mengenai tugas dari Coach Rendy.

 


 

Kurang lebih 20 menit lamanya, mereka kerjakan ‘quiz dadakan’ itu. Satu per satu kelompok mempresentasikan hasil karyanya, di mulai dari kelompok Bintang, Jovan dan Ulfah.

 

“Di sini saya akan mempresentasikan tentang learning objective. Maksudnya saya akan paparkan cara pembelajaran kepada mahasiswa dalam memahami dan mempelajari tentang negosiasi berikut durasinya,” jelas Bintang.



 

Proses pemaparan berjalan lancar terlihat dari layar zoom, yang dilanjutkan oleh sesi tanya jawab kepada kelompok lain.


“Buat pembelaaran kita saat mendesign itu jangan terlalu simple. Kemudian something yang sangat detail, jelaskan aktivitas per aktivitasnya dengan rinci. Misal, dalam 2 jam itu pembelajarannya seperti apa sih? Jelaskan tahapannya,” komentar dari Rendy.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA