Minggu, H / 29 Januari 2023

Tokoh Dibalik AKHLAK BUMN: President ACT Consulting Ary Ginanjar

Kamis 01 Apr 2021 12:41 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ary Ginanjar Agustian

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA - Kementerian BUMN beserta tim ACT Consulting merumuskan 6 nilai baru yaitu Amanah, Kompeten, Harmoni, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif yang diterapkan di seluruh lingkup BUMN.

Alex Denni, Deputi Bidang SDM, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN, mengakui bahwa  di balik Core Values BUMN AKHLAK, ada campur tangan Ary Ginanjar Agustian, President ACT Consulting di dalamnya. Core Values BUMN AKHLAK yang diresmikannya pada Juli 2020 lalu oleh Meneg BUMN Erick Thohir penyusunannya didampingi Tim ACT Consulting. 

"Yang mampu merumuskan AKHLAK BUMN dan panduan perilakunya itu siapa yang paling tepat? Top of man yang muncul ke permukaan itu adalah Pak Ary Ginanjar," ungkap Alex Denni saat di Event Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) pada Jum’at (4/9/2020) secara virtual kepada seluruh karyawan PELNI di darat maupun di laut.

Menurut  Penulis buku “Learning 5.1 - Duluan Tiba di Masa Depan”  ini Ary Ginanjar sudah belasan tahun terbukti konsisten dan istiqomah di jalur perilaku membangun akhlak. 

<more>

Ia menegaskan bahwa tidak boleh adanya penambahan, pengurangan, serta modifikasi AKHLAK beserta panduan perilakunya. Karena BUMN sudah enggaged dengan Ary Ginanjar dan pekerjaan penyusunannya sudah selesai. Namun demikian, setiap BUMN boleh menyiapkan contoh-contoh perilaku dalam bentuk apapun sesuai bidannya masing-masing.

Hingga awal Maret 2021 Ary Ginanjar dan tim ACT Consulting sudah melakukan kajian terhadap pelaksanaan AKHLAK di beberapa BUMN. Hasil kajian ini sudah diterbitkan dalam dua laporan secara resmi. 

Ary Ginanjar selaku President ACT Consulting mengatakan kajian ini menjadi semacam rapor kinerja BUMN. Budaya kerja atau core values AKHLAK tak hanya digaungkan, namun diukur juga sejauh mana implementasinya. 

ACT Consulting tidak hanya membantu Kementerian BUMN dalam menyusun panduan perilaku dan sekaligus melakukan assessment pengukuran budaya AKHLAK di BUMN. Tahapan pertama ini sangat penting mengingat transformasi budaya harus dimulai dengan memahami situasi dan kondisi budaya yang ada dan berjalan saat ini. Sebagaimana dipaparkan oleh President ACT Consulting, Ary Ginanjar Agustian bahwa kita tidak akan mampu memanage sesuatu yang tidak diukur. 

Beberapa BUMN sudah menunjukkan peningkatan kinerjanya dengan implementasi Budaya Kerja. Menurut Dwitya Agustina VP ACT CONSULTING AKHLAK BUMN terbukti berdampak positif pada beberapa BUMN salah satunya di lingkungan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III. Berdasarkan laporan Dirut Pelindo III, mereka mampu mencatat kinerja positif bahkan temelampaui target dalam aspek operasional kepelabuhanan. Salah satu kinerja yang berhasil melampaui target adalah arus petikemas yang meningkat lebih dari 103 persen dari target 2020. Sementara barang kemasan mencapai 117 % dari target dan arus distribusi gas mencapai 102% dari target.

Keberhasilan yang diraih tak lepas dari hasil kolaborasi dengan ACT Consulting. Menurut Dwitya Agustina (VP ACT Consulting) bahwa secara keseluruhan Pelindo III Group memiliki tingkat positif energi yang high, dan mendukung pencapaian kinerja organisasi yang efektif dan efisien yakni 93,8% berada di kategori high positive energy.

Salah satu perubahan positif yang terjadi pada Pelindo III menurut Menurut Dwitya Agustina (VP ACT Consulting) adalah terbangunnya mindset keberlangsungan bisnis.

"Issue dan concern terkait pentingnya membangun mindset tentang business sustainability, bahwa setiap orang bertanggung jawab terhadap keberlanjutan organisasi sudah terisi. Hal ini menunjukkan telah terbangunnya mindset tentang business sustainability pada diri pegawai," papar Dwitya.

Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA