Kamis, H / 28 Maret 2024

Tips Agar Anak Tidak Boros dan Pintar Kelola Uang

Jumat 06 Dec 2019 11:20 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: bowaterecu.org

ESQNews,id, JAKARTA – Semua orangtua ingin anaknya menjadi mandiri dalam segala hal. Salah satunya bisa mandiri dalam hal uang, dalam arti tidak boros dan jajan saja. Orangtua ingin anaknya terbiasa menabung, menyisihkan uang untuk kebutuhan penting lainnya.


Sehingga ia akan menjadi mandiri dan membeli barang dengan uangnya sendiri tanpa meminta lagi. Namun realitanya berbeda, banyak anak yang menghabiskan uangnya. Terlebih lagi minta tambahan, membeli barang yang sebenarnya tidak perlu.


Mengurus anak di era VUCA ini butuh effort tinggi. Jika dibiarkan saja, bagaimana nasib masa depan sang anak jika tak mandiri?


<more>


Menurut ESQ Training (Training Billionaire) tepatnya, ada beberapa tips yang dibekali untuk sang buah hati, seperti:


  1. Hindari Memberi Uang Berlebihan

    Di era digital saat ini, anak muda cenderung mudah terbawa pergaulan untuk mengikuti gaya hidup high-class. Hal ini tentu berpengaruh pada daily habitnya dalam mengatur keuangan. Yuk, ayah bunda mulai sekarang berikan uang anak secukupnya saja ya!

  2. Beramal dan Bakti Sosial

    Untuk meningkatkan makna uang untuk si buah hati. Coba sesekali Anda ajak ia untuk beramal dan berkunjung ke bakti sosial. Insha Allah, dengan begitu Anak Anda akan berpikir dua kali untuk menghambur-hamburkan dan lebih peduli terhadap sesama.

  3. Terapkan Aturan Menabung 30%

    Setelah kedua poin di atas telah dilakukan. Nah, baru cara yang satu ini dilakukan. Setiap Anda memberikan uang kepada si buah hati, coba berikan aturan kepadanya untuk menyisihkan setidaknya 30% dari uangnya untuk ditabung. Setelah itu, Anda pantau sudah berapa banyak uang yang telah berhasil ia simpan.

Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA