Minggu, H / 14 Juli 2024

Tiga Kunci Sukses dan Berkah dari Shafa - Marwah

Kamis 13 Jun 2024 21:48 WIB

Reporter :EDQP

Tangkapan Layar

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, MEKKAH - "Shafa-Marwah adalah syiar Allah. Ada tiga hal yang ingin saya sampaikan, yaitu Dimana kita? (Where we are?), Mau kemana kita? (Where do we want to go?) dan Bagaimana mencapainya? (How to get there?)," jelas Ary Ginanjar, Pendiri ESQ dalam postingan di Instagram pribadinya.

Ary menyampaikan makna dari "Where we are?" adalah Shafa yaitu dimulai dengan hati yang suci dan bersih, tidak punya kepentingan apapun.



"Karena itu hati yang bersih adalah mulia. Tapi harus mengucapkan Allahuakbar menghadap ke arah kiblat. Di sini kita mulai start seraya menghadap arah kiblat," ucapnya.

Lebih lanjut, "Sedangkan "How to get there?" yaitu berlari seperti Siti Hajar, pantang menyerah secara persisten dan konsisten."

Yang penting adalah ketika mencapai tujuan “marwah” atau kemuliaan. Di sini kita harus tetap ingat Allah, dan menghadap kembali ke kiblat.

Hati-hati, namun di sini lah banyak orang yang lupa diri ketika sudah mencapai marwah. Lupa kepada Allah dan tidak ke arah kiblat."

Inilah tiga pesan besar agar sukses dan hidup berkah, kata Ary.

<more>

"Bekerjalah untuk duniamu seakan - akan engkau akan hidup selamanya. Dan bekerjalah untuk akhiratmu seakan-akan engkau akan mati besok pagi." HR Ibnu Umar RA.

Tengok vibes berhaji ESQ Tours Travel di sini

Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA