Selasa, H / 04 Oktober 2022

Thank You My Murobbi

Selasa 07 Dec 2021 15:16 WIB

Reporter :EDQP

Ilustrasi

Foto: freepik.com

Oleh: Fikry Rabbani Muraza (Kelas 8 MTsS MILBoS)


ESQNews.id, JAKARTA - Wahai teman, tahukah kamu siapakah seorang guru itu? Guru adalah seseorang yang menyampaikan dan menjelaskan suatu ilmu kepada kita yang ingin mempelajari ilmu yang bermanfaat atau mengajarkan kepada yang belum mengetahui ilmu tersebut.


Allah ta’ala, Dialah Al- ‘Aliim, yang maha mengetahui, maha mengilmui semua ilmu. Dia juga yang ‘mengajari’ kita, mengajari umat manusia ilmu-ilmu itu. QS 96: 4,


"علم الإنسان ما لم يعلم" 


"Dialah yang mengajari manusia apa yang tidak diketahuinya."




Tetapi Allah ta’ala tidak memberi ilmu secara langsung, karena kita tidak menerima wahyu seperti para nabi dan rasul. Allah mengajari kita dengan beberapa cara, salah satu cara Allah mengajari kita adalah melalui (perantara) guru. Seorang guru mempelajari suatu ilmu tertentu, dan mengajarkan kembali itu kepada orang lain.


Rasulullah shallallahu’alaihiwasallam bersabda, "إنما العلم بالتعلم" Sesungguuhnya (untuk mendapat ilmu itu) dengan cara belajar. Selain para nabi, cara mendapatkan ilmunya dengan belajar, bahkan nabi juga ada yang belajar dengan guru.


Nabi Musa ‘alaihisalam menuntut ilmu dari seorang yang lebih berilmu darinya dan juga lebih bijak, yaitu Khidr ‘alaihisalam.


"قال موسى هل أتبعك على أن تعلمن مما علمت رشدا"


“Musa berkata, kepada Khidr, bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku ilmu yang telah diajarkan kepadamu (sebagai petunjuk).”


<more>


Maa syaa Allah, betapa butuhnya kita pada seorang guru. Lihatlah keteladanan nabi Musa dalam ayat tadi.


Teman, guru adalah seseorang yang mengajari ilmu dan memberi penjelasan dan pemahaman dari ilmu itu. Kita juga mengenal yang disebut murobbi.


Tahukah kamu siapakah seorang murobbi itu? Ketahuilah teman, seorang murobbi seseorang yang memberi perhatian kepada murid atau santrinya. Dialah yang mengurus, mengajar, membantu dan memberi nasihat kepada murid atau santri yang belajar bersamanya.


Seorang murobbi tidak hanya mengajar ilmu, tetapi juga memberi nasihat, hikmah dan pengalaman bermanfaat yang sangat bermanfaat bagi sang santri. Murobbi juga membimbing murid atau santrinya dari segi kepribadian yang baik dan ilmu-ilmu yang tidak bisa dipelajari selain dari pengalaman.


Seorang murobbi tidak seperti guru biasa. Tetapi walau begitu, keduanya sangat penting dan berharga bagi lingkungan para santri dan generasi ke depannya.


Syukron Yaa Murobbi

Thank you very much Murobbin my beloved.



شكرا و جزاكم الله خيرا كثيرا،


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA