Jumat, H / 29 Maret 2024

Telkom Indonesia Raih Forbes 2022 World’s Best Employer, Ary Ginanjar: Inilah Bukti Sang Juara Umum AKHLAK Award 2 Kali Berturut Turut

Minggu 06 Nov 2022 18:10 WIB

Reporter :EDQP

Potret saat kegiatan berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir memuji transformasi sumber daya manusia (SDM) yang dilakukan Telkom Indonesia sehingga BUMN tersebut menjadi satu-satunya perusahan Indonesia yang masuk daftar Forbes 2022 World’s Best Employer. Dengan prestasi itu, Erick meminta Telkom Indonesia terus menjadi tempat kerja kondusif untuk pengembangan talenta karyawan dan dapat ditiru oleh perusahaan BUMN lainnya.


"Apresiasi kepada Telkom Indonesia karena telah mewujudkan Employee Value Proposition (EVP) atau Proposisi Nilai Karyawan dan Employer Branding BUMN untuk meningkatkan daya saing BUMN menjadi pemain global dan pabrik talenta dengan baik. Hal ini harus ditiru dan saya menantikan kiprah BUMN lainnya," ujar Erick Thohir di Jakarta, Ahad (6/11/2022).




Berdasarkan daftar Forbes 2022 World’s Best Employer, Telkom Indonesia menempati ranking 153, sebelumnya di ranking 299 tahun 2021, dari 800 perusahaan terpilih yang berasal dari seluruh dunia. Sedangkan di kategori industri telecommunication and services, Telkom menempati urutan ketiga di dunia, mengungguli Orange France, KT Korea, Telstra Australia, Etisalat UEA, Singtel Singapore.

"Ada kebanggaan jika melihat perusahaan Indonesia, terutama BUMN bisa berada di atas perusahaan internasional yang lebih ternama. Ini membuktikan bahwa kita bisa bersaing di pentas global, sekaligus mampu tumbuh, berkembang, dan berkontribusi untuk Indonesia," ucap Erick

Untuk penentuan daftar tersebut, Forbes bekerjasama dengan lembaga market research dunia, Statista yang mensurvei 150 ribu karyawan full-time serta part-time di perusahaan atau instansi multinasional di 57 negara. Para responden mengevaluasi perusahaan berdasarkan pengaruh dan citra dari brand perusahaan, pengembangan talenta, kesetaraan gender, dan tanggung jawab sosial. Responden juga harus memberikan rating seberapa besar mereka merekomendasikan perusahaan tempat mereka bekerja kepada kerabat maupun kolega. 


<more>


Sehubungan dengan pencapaian tersebut, mengingat bahwa Telkom Indonesia menjadi pemenang AKHLAK Award selama 2 tahun berturut - turut, yang dinilai berdasarkan hasil pengukuran budaya oleh ACT Consulting menggunakan metode AKHLAK Culture Health Index (ACHI).

Hasil ACHI oleh ACT Consulting sejalan dengan hasil lembaga riset kelas dunia FORBES dan Statista, yang mengukuhkan Telkom sebagai 2022 World Best Employer.

Founder ACT Consulting, Ary Ginanjar Agustian bangga mendengar kabar baik ini. Ia mengucapkan selamat dan memberikan apresiasi setinggi tingginya kepada Erick Thohir, BUMN, Telkom Indonesia bersama jajarannya.

"Selamat kepada Pak Erick dan Telkom Indonesia khususnya, saya turut senang mendapat informasi ini. Sudah benar menurut pengukuran ACHI bahwa inilah bukti Telkom Indonesia layak menjadi juara umum AKHLAK Award bahkan 2 kali berturut turut."





Lebih lanjut, "Perlu diketahui bahwa Indeks Implementasi AKHLAK di Telkom yaitu 84,8% mengalami peningkatan dari sebelumnya 51,1%. Tentu ini peningkatan yang amat pesat. Bahkan angka tersebut berada di atas rata-rata indeks Implementasi AKHLAK BUMN (general) saat ini yakni 44,5%."

Menurutnya, hal ini menunjukkan bahwa metode ACHI yang dilakukan ACT Consulting mampu mendeteksi dengan akurat, organisasi yang memiliki fondasi budaya AKHLAK sehingga berkinerja tinggi.

"Penting bagi BUMN yang ingin menjadi perusahaan kelas dunia, mengikuti jejak Telkom bukan hanya mengukur kinerja bisnis namun juga fondasi budaya AKHLAK," kata Ary, penulis buku AKHLAK bersama Erick Thohir.

Penghargaan AKHLAK diberikan langsung oleh Erick Thohir kepada Telkom Indonesia yang di dalamnya turut mengundang Wakil Presiden RI K.H Ma’ruf Amin, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron serta seluruh jajaran direksi BUMN.





Selain menjadi juara umum untuk kedua kalinya, Telkom bersama dengan beberapa anak perusahaan juga berhasil membawa pulang sederet penghargaan untuk berbagai kategori.

Adapun penghargaan yang telah diraih Telkom pada ajang AKHLAK Awards 2022 yakni dari kategori Klaster Telekomunikasi dan Media, kategori Harmonis, kategori Loyal, kategori Amanah, kategori Adaptif, kategori Kompeten, kategori Kolaboratif. Totalnya ada 8 piala dan piagam.

Untuk itu, Dwitya Agustian (Vice President ACT Consulting) turut mengapresiasi terhadap langkah Menteri BUMN yang mencanangkan AKHLAK sebagai fondasi budaya, sehingga mengantarkan Telkom menjadi korporasi kelas dunia.

Sebagai informasi, Telkom Indonesia ini memasuki tahun ke-9 dan terus ‘check up’ pada ACT Consulting untuk mengetahui kesehatan organisasinya. Kesehatan tersebut diukur dengan metode Organization Culture Health Index (OCHI).

ACT Consulting sebagai “dokter keluarga” telah membantu memeriksa kesehatan salah satu Anper Telkom yakni Telkomsel secara menyeluruh. Mengapa ini penting? Karena tubuh kita perlu melakukan check up kesehatan kepada seorang dokter. Kita tidak tahu apakah diri kita sehat atau tidak. Sama halnya dengan organisasi yang harus diukur atau diperiksa kesehatan di dalamnya.

"Rencananya, ACT Consulting akan mengupas rahasia juara budaya AKHLAK Telkom dalam sebuah webinar bersama Dir HCM Telkom," ujar wanita yang akrab disapa Uwie itu.

Informasi tambahan, Kementerian BUMN gencar menggaungkan dan mengimplementasikan budaya kerja atau core values AKHLAK. Untuk itu secara periodik diukur juga sejauh mana implementasinya.

ACT Consulting yang membantu Kementerian BUMN menyusun panduan perilaku dan sekaligus melakukan assesmentnya, telah kembali meng-update hasil kajiannya pada periode September 2020 - Juli 2022 sejak AKHLAK diluncurkan pada Juli 2020.

Metode penyusunan dan pengukuran AKHLAK tersebut dinamakan AKHLAK Culture Health Index (ACHI). ACHI dilakukan secara daring dan diikuti seluruh pegawai dari BUMN yang diukur. Dari hasil survei tersebut, diperoleh indeks internalisasi AKHLAK, sesuai persepsi responden terhadap nilai dan perilaku yang sudah diimplementasikan di organisasi.

ACT Consulting sebagai konsultan transformasi budaya organisasi, yang berpengalaman membantu berbagai organisasi dalam 10 tahun terakhir, terpanggil untuk juga turut mensukseskan dan mendorong terwujudnya BUMN ber-AKHLAK.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA