Jumat, H / 22 Oktober 2021

Tanri Abeng Puji AKHLAK BUMN di Ajang AKHLAK Award 2021

Jumat 16 Jul 2021 22:11 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Potret saat acara berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA – “Logikanya dalam jangka waktu satu tahun ini saja, AKHLAK yang digaungkan sebagai simbol atau core values BUMN, sudah nancap berakar di institusi BUMN,” puji Tanri Abeng, Mantan Menteri BUMN (1998-1999) dihadapan 1.000 orang dalam Zoom Meeting dan 500 penonton di Youtube.

 

Tanri Abeng hadir dalam acara “Refleksi 1 Tahun AKHLAK BUMN” dan AKHLAK Award 2021 pada Kamis (15/7/2021) secara virtual. Ia hadir bersama Erick Thohir (Meneg BUMN), Mustafa Abubakar (Mantan Menteri BUMN 2009-2011), Ary Ginanjar Agustian (Founder ACT Consulting), dan Fifi Aleyda Yahya sebagai MC.


<more>

 

Awal acara, Fifi menyambut ratusan orang yang berada di platform Zoom di antaranya hadir para Dirut, Direktur SDM, pimpinan Senior, penggerak budaya organisasi, para profesional di bidang transformasi budaya organisasi dan pengembangan sumber daya manusia, rekan-rekan media dan masyarakat luas dengan suara halusnya.



Kemudian sambutan dari Erick Thohir selaku Keynote Speaker, “Di tengah kedukaan ini kita sama-sama bersyukur masih diberikan kesempatan. Di satukan dengan para senior saya, dan bertemu dengan bapak ibu semua secara virtual untuk merefleksikan kebaikan BUMN kita. Tentu tidak sempurna, sempurna hanya milik Allah SWT.

 

Setelah paparan yang sangat komprehensif dari Erick Thohir, Tanri Abeng memberikan pandangannya terhadap BUMN. Terutama dari segi Core Values-nya yaitu AKHLAK yang kepanjangan dari (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif).


 

“Ternyata sudah dipresentasikan di tahun pertama ini. Angkanya sudah menunjukkan 43% dan saya tidak merasa rendah hati terhadap kondisi ini. Karena ini baru 1 tahun. Jadi masih banyak waktu untuk kita kebut. Tetapi ada aspek mendasar di BUMN ini, yang saya namakan trust atau kepercayaan,” papar Tanri dengan sangat serius.

 

Acara yang digelar oleh ACT Consulting ini, puncak kemeriahannya berada saat pemberian penghargaan dengan kategori BUMN untuk indeks implementasi per setiap nilai AKHLAK di antaranya Implementasi AKHLAK Terbaik, Implementasi Amanah Terbaik, Implementasi Kompeten Terbaik, Implementasi Harmonis Terbaik, Implementasi Loyal Terbaik, Implementasi Adaptif Terbaik, Implementasi Kolaboratif Terbaik. Masing-masing kategori di atas terdiri dari 3 pemenang yakni juara 1 dan Runner up (juara 2 dan 3).



 

Masing-masing pemenang disebutkan oleh Fifi secara bergantian. Diiringi dengan tepuk tangan yang gemuruh dan senyum bahagia dari insan BUMN.


Pemberian AKHLAK Award itu dinilai berdasarkan hasil riset pengukuran indeks kesehatan budaya kerja AKHLAK yang telah dilakukan oleh ACT Consulting selama periode September 2020–Juli 2021 terhadap 62 BUMN dan Anpernya. Dari riset dan kajian yang secara periodik itu, diketahui Indeks Implementasi AKHLAK, yaitu sejauh mana nilai-nilai AKHLAK diimplementasikan baik yang dialami maupun yang diamati oleh para karyawan.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA