Jumat, H / 30 Juli 2021

Susi Pudjiastuti, Sosok Gigih Dibalik Susi Brand

Kamis 10 Jun 2021 12:09 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Susi Pudjiastuti

Foto: Instagram

ESQNews.id, JAKARTA – Siapa yang tidak mengenal Susi Pudjiastuti? Selain pernah menjadi Menteri Perikanan dan Kelautan 2014-2019, Susi juga memiliki berbagai perusahaan, salah satunya Susi Air.


Kisah hidupnya tidaklah berjalan mulus-mulus saja, karena orang yang sukses pastinya butuh pengorbanan. Ketika anak seusianya sibuk bermain ketika SMP, Susi justru berjualan bed cover dan pakaian.


Pada kelas 2 SMA, akhirnya Susi memilih untuk berhenti sekolah dan melanjutkan bisnisnya.


Dikarenakan lingkungannya yang kebanyakan nelayan, ia mengambil langkah untuk berbisnis ikan setelah berhenti sekolah.


Dengan bermodalkan Rp 750.000 yang didapatnya dari menjual perhiasannya, ia membeli hasil laut dari nelayan dan menjualnya ke restoran yang ada di sekitar Pangandaran.


Pada awal membangun bisnisnya, tidak semua restoran percaya bahwa ikan yang dijual oleh Susi berkualitas bagus. Namun, Susi tidak menyerah, dengan gigih menawarkan ikannya ke berbagai restoran secara konsisten. Akhirnya, Susi berhasil menjual berbagai hasil lautnya, bahkan sampai ke luar negeri.


Semakin besar suatu bisnis, semakin banyak juga masalah yang dimiliki. Begitu juga dengan bisnisnya, banyaknya permintaan membuat Susi kesusahan menjaga kualitas produknya.


Sebagai solusinya, demi memberikan produk dengan kualitas terbaik, Susi mengajukan pinjaman ke bank sebesar Rp 47 miliar untuk membeli alat transportasi udara sebagai keperluan pendistribusian produknya.


<more>


Setiap bisnis pasti punya masalahnya masing-masing. Dan kadang memang tidak mudah untuk menghadapinya, tapi dari beliau kita belajar bahwa setiap masalah pasti memiliki solusi.


Dengan kegigihan, konsistensi dan keinginan untuk bertumbuh, Prof. X yakin bahwa kalian semua bisa menjadi the next Bu susi!


Buat kalian yang membutuhkan dana untuk mengembangkan UMKM kalian, jangan khawatir! Xaham akan segera hadir sebagai sarana yang akan menghubungkan UMKM dengan Investor secara langsung.


Jadi follow terus @xaham.id biar kalian gak ketinggalan informasi penting!


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA