Jumat, H / 22 Oktober 2021

Siswa Indonesia Menuju Final Wild Wisdom Quiz 2019 Tingkat Internasional di India

Kamis 07 Nov 2019 09:56 WIB

Author :Redaksi

Pemenang WWQ beserta guru pendamping.

Foto: dok.WWF


ESQNews.id, JAKARTA - Dalam semangat merayakan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN 2019) yang diperingati setiap tanggal 5 November, WWF-Indonesia menyelenggarakan Wild Wisdom Quiz (WWQ 2019) Tingkat Nasional yang dilaksanakan pada Rabu (6/11/2019) di Jakarta. Pada Final WWQ 2019 Tingkat Nasional ini diikuti 18 pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) dari tiga sekolah terpilih yaitu Sekolah Alam Indonesia, Sekolah Cikal Amri, dan Sekolah Dasar Islam Tugasku, Jakarta. Hadir sebagai dewan juri Pengajar Sampoerna School Stien Matakupan, Communication Director WWF-Indonesia Elis Nurhayati, dan Wildlife Ecologist WWF-Indonesia Sunarto.

 

WWQ diinisiasi pada tahun 2008 oleh WWF-India dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang pendidikan lingkungan dan nilai keanekaragaman hayati di kalangan usia pelajar. Serupa dengan WWQ, di Indonesia kita mengenal program Cerdas Cermat atau Cerdas Cepat. Istimewanya, WWQ mendorong peserta untuk mempelajari misteri alam yang menakjubkan sehingga meningkatkan keingintahuan dan rasa cinta terhadap alam liar. Dalam perjalanannya, WWQ telah diadopsi oleh beberapa negara seperti Nepal, Bhutan, Inggris, Singapura, Hongkong, dan Indonesia sebagai salah satu cara untuk meningkatkan penyadartahuan publik dan perubahan perilaku melalui pendidikan untuk pembangunan yang berkelanjutan.

 <more>

Final WWQ 2019 Tingkat Nasional akan memperebutkan posisi juara pertama, kedua, dan ketiga. Khusus juara pertama WWQ Indonesia 2019 akan melaju mewakili Indonesia di Final WWQ 2019 Tingkat Internasional pada tanggal 18 - 22 November 2019 di New Delhi, India. Agar dapat mempersiapkan diri dengan baik, kontingen Indonesia yang akan bertanding ke tingkat dunia mendapat pendampingan intensif dari tim WWF-Indonesia.

 

“Indonesia adalah negara dengan tingkat keanekaragaman hayati darat dan laut tertinggi di dunia. Mengenal dengan baik apa saja kekayaan sumber daya alam, juga keanekaragaman hayati spesies dan ekosistem Indonesia adalah cara paling sederhana untuk menjaganya sebagai aset bangsa. Berbeda dengan kuis lain di dunia, peserta Wild Wisdom Quiz harus benar-benar tahu, berpikir, dan peduli alam untuk benar-benar menjadi juara. Tapi menariknya, WWQ tidak mengikuti silabus tertentu, ini lebih seperti permainan seru yang menyenangkan. Belajar sambil bermain.

 

Pada gilirannya, generasi muda yang mengenal alamnya dengan baik dapat menggunakan pengetahuannya untuk melindungi lingkungan dan menyelamatkan satwa dan tumbuhan kebanggan Indonesia. Oleh karena itu, melihat nilai dan manfaat dari WWQ untuk jangka panjang, WWF-Indonesia bersemangat mengadopsi WWQ di Indonesia karena metode pembelajaran ini cukup efektif dan tidak asing bagi publik,” jelas Elis Nurhayati dalam siaran pers yang diterima ESQNews.id.

 

Pada penyisihan tingkat nasional ini, keluar sebagai Juara WWQ Indonesia 2019 adalah Sekolah Alam Indonesia sebagai juara pertama. Sekolah Cikal Amri sebagai juara kedua, dan Sekolah Tugasku sebagai juara ketiga. Juara pertama WWQ Indonesia 2019 akan menjadi finalis ajang WWQ Internasional dengan biaya perjalanan dan akomodasi ditanggung oleh pihak panitia. Hadiah lainnya adalah kunjungan ilmiah ke satu taman nasional di India dan sertifikat keikutsertaan yang ditandatangani oleh naturalis dan narator film dokumenter Sir David Attenborough. Pada tingkat internasional, kontingen Indonesia memperebutkan gelar bergengsi sebagai Juara WWQ 2019 tingkat dunia.

Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA