Jumat, H / 19 April 2024

Sadarkah? Kita Memakan Plastik Tiap Hari

Jumat 15 Sep 2023 14:22 WIB

Reporter :Redaksi

Seekor sapi di India memakan sampah plastik

Foto: loupiot


ESQNews.id, JAKARTA - Setelah beberapa kasus hewan laut yang mati akibat sampah plastik, kini plastik menjadi pusat perhatian khalayak. Betapa banyak jumlah plastik yang digunakan dan terbuang menjadi sampah yang sulit terurai.


Itulah yang menjadi isu utama peneliti dari University of Southhampton dalam tulisannya di The Conversation. Di Indonesia, timbunan sampah plastik tersebut diperkirakan mencapai 8 juta ton per tahun. Tidak sedikit yang berakhir di laut.


Sampah tersebut kemudian terurai menjadi mikroplastik 5 milimeter hingga 100 nanometer. Hewan laut secara tak langsung akan mengkonsumsi, dan menjadi bagian dari tubuh mereka.


Baca juga: Pemuda Indonesia Temukan Pengganti Plastik dari Rumput Laut


Peneletian menunjukan setiap satu ekor kerang di Eropa mengandung sekitar 90 mikroplastik. Bisa dibayangkan jika kita mengkonsumsinya berlebehan. Sedangkan penelitian juga menemukan adanya mikroplastik yang terkandung di hati ikan dan saluran pencernaan lainnya.


Dilansir dari National Geographic Indonesia, mikroplastik terbesar yang menjadi konsumsi manusia adalah air kemasan. Peneliti memeriksa berbagai jenis wadah air plastik dan menemukan sekitar 2-44 mikroplastik perliter. Sedangkan botol yang digunakan lebih dari dua kali akan mengandung sekitar 2-241 mikroplastik perliter.


Yuk, kurangi menggunakan plastik sekali pakai.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA