Kamis, H / 09 Desember 2021

Saat Masa Pensiun Tiba! Trainer ESQ MPP: Berikan Ini Kepada Mereka yang Telah Berdedikasi

Jumat 09 Jul 2021 17:18 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Potret saat acara berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA – ESQ Masa Persiapan Pensiun (ESQ MPP) menggelar acara yang bertajuk "Mengapa Pembekalan Persiapan Pensiun Sangat Penting di Masa Pandemi.” Acara itu digelar secara cuma-cuma pada Rabu (7/7/2021) via Zoom Meeting.

 

Pesertanya kurang lebih ada 200 orang yang berasal dari seluruh Indonesia bahkan dari Malaysia. Mereka juga ada yang secara individu mengikuti webinar ini, adapula yang berasal dari korporasi.

 

Mereka yang hadir atas nama korporasi di antaranya PT PAL, PTPN X, JIEP, BNPT, WIKA, Kimia Farma, PI, PT Garam, BP BagaM, Perum Perindo, PMLI, RS Jantung Harapan Kita, Jasamarga, RSJHK, Tracon, Elnusa, Hutama Karya, INKA, dan lainnya.

 

Coach Iman Herdimansyah (trainer ESQ lisensi Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian) yang memandu mereka selama kurang lebih 2 jam.



<more>

 

“Beruntung jika ada HC nya datang ke seminar ini. Dalam sangka baik yang kuat bapak ibu tentu memikirkan hadiah untuk para karyawannya yang telah berdedikasi ke perusahan kita bukan? Yang kita sambut dengan pendidikan atau dikenal dengan new employee. Dan ketika mereka akan pensiun pun bukankah harus diberikan sesuatu?” tanya Iman sambil terseyum di depan layar.

 

Iman seraya memberikan apresiasi kepada mereka yang akan atau bahkan sudah pensiun dari perusahaan. Serta menghimbau beberapa perusahaan yang hadir, untuk turut serta memberikan penghargaan atas jasa yang mereka kerahkan untuk perusahaan.


 

“Mari kita hadiahkan keringetnya mereka yang sudah berjuang bersama di perusahaan. Jika berkenan bisa sampaikan atau berikan ilmu ini kepada mereka yang telah berdedikasi belasan bahkan puluhan tahun di instansi.”



 

Ratusan peserta terlihat sangat menikmati setiap momentnya selama acara berlangsung. Sampai trainer ESQ itu bertanya terkait harapan yang didapat dari kegiatan sore hari ini. Berikut respon dari peserta di dalam kolom chat yang dibacakan oleh Bayu (trainer ESQ):

 

PT. INKA, “Harapanya pensiun semua karyawan sejahtera dan bahagia.”

Rully_BP Batam, “Tambah ilmu atau wawasan dalam menghadapi MPP di masa YAD.”

Dedi Ika Kartiwa - RO 2 JMT Regional, “Ingin mengetahui yang paling baik dilakukan setelah pensiun.”

 


 

“Baik bapak ibu kita sepakat yah rata-rata pada menjawab bagaimana persiapan saat menjelang pensiun atau saat pensiun. Sebelum ke sana, kami ESQ MPP sudah melakukan sebuah survey terhadap 2147 pegawai yang akan memasuki pensiun dari berbagai instansi dan perusahaan,” ungkap Iman.

 

Survey itu dilakukan dari periode 2016 – 2021. Hasilnya menunjukan bahwa 58% pegawai mengalami Cemas bahkan Panik (Post Power Syndrome), yang didominasi oleh Faktor Mental (Psikologis).

 

“Saya sendiri pun bersaksi bahwa manusiawinya saat menjelang pensiun pasti ada rasa khawatir. So, you are not alone bapak ibu,” sambungnya.

 



Salah satu upaya atau solusi untuk menjawab rasa kekhawatiran ribuan orang itu, ESQ MPP mempersembahkan 4 modul ini.


“Kami berpandangan bahwa solusi ini harus diberikan integrative. Insya Allah, semua yang dikhawatirkan itu kita handle. MPP menawarkan total solution yang kami istilahkan 4 modul utama MPP yaitu financial quotient (pembekalan mengenai keuangan), healthy session (rahasia tetap sehat ketika pensiun, leveraging assets (menumbuhkan asset), wisdom living (spiritual mindset),” papar Iman sambil menujukkan sebuah gambar di layar zoom.




Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA