Jumat, H / 29 Maret 2024

Punya Visi yang Sama, Pemkot Banjarmasin Gelar 2 MoU Sekaligus dengan ESQ

Rabu 22 Feb 2023 15:15 WIB

Reporter :EDQP

Tangkapan Layar

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA - Sebagai upaya mewujudkan visi Indonesia Emas 2045 bahkan Indonesia Atap Dunia di Tahun 2085, ESQ sudah berkolaborasi dengan banyak Perusahaan, Kementerian, Pemerintah Pusat & Daerah, Lembaga, serta lainnya. Termasuk di dalamnya Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukamara, serta Pemerintah Kabupaten Mempawah.


Oleh karenanya, telah dilaksanakan MoU atau Nota Kesepahaman antara ESQ dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukamara, serta Pemerintah Kabupaten Mempawah. Agenda ini dilaksanakan secara bersamaan pada tanggal 18 Februari 2023 di Menara 165, Jakarta.


Penandatanganan Kerjasama ini merupakan dalam rangka Program Pembangunan Karakter & Budaya Organisasi.


Tak tanggung-tanggung, Pemkot Banjarmasin lakukan 2 MoU sekaligus dengan ESQ Leadership Center (PT Arga Bangun Bangsa) dan ESQ Business School (Kampus). 


Nota Kesepahaman antara ESQ Business School dengan Pemkot Banjarmasin dalam rangka Beasiswa Indonesia Emas Putra Daerah. Perjanjian ini ditandatangani oleh Wakil Wali Kota Banjarmasin, H Arifin Noor dan Sujoko (Ketua ESQ Business School).




Selanjutnya Arifin Noor juga menandatangani MoU dengan ESQ Leadership Center. Sedangkan pihak dari ESQ yang menandatangani MoU yaitu Ary Ginanjar Agustian (Founder ESQ Group/ACT Consulting International), serta Luki Alamsyah (Direktur Utama PT. Arga Bangun Bangsa). 


Penandatanganan didampingi juga oleh Sultan Paser ke 18 Dr. AMH. Andrian Sulaiman.




"Saat ini kami membawa seluruh ASN Eselon 2 dan 3 Pemkot Banjarmasin dengan harapan mereka pun bisa merasakan apa yang dirasakan oleh kami terdahulu. Mudah mudahan mereka bisa termotivasi dan bisa mengerti akan arti dari leadership (menjadi seorang pemimpin)," kata Arifin.


Ia berharap melalui training ini insan di Pemkot Banjarmasin bisa bergotong royong membangun wilayahnya menjadi lebih sejahtera yang dilandasi dengan rasa keikhlasan dan kesabaran.


"Mudah mudahan setelah pelatihan ESQ ini pemahaman mereka tentang apa arti Allah SWT, Nabi Muhammad bisa menjadi contoh atau tauladan kita. Artinya, kita bekerja dengan apa yang disukai oleh Tuhan dan menjauhi apa yang tidak disukai Tuhan."


<more>


Arifin merupakan salah satu Alumni ESQ juga. Ia sempat mengikuti training pada tahun 2003. Ungkapan beliau, bahwa seluruh keluarga, sanak sodaranya sudah mengikuti training.


"Saya rasakan di tahun 2003 hingga hari ini training semakin dibuat modern. Dari segi teknologi, pencahayaan, sound system sudah luar biasa. Serta sudah punya ruangan besar di Menara 165," ungkapnya haru.


Lebih lanjut, "Ini kebanggaan kita sebagai alumni. Semoga harapan kita untuk menuju Indonesia Emas 2045 tentu akan terealisasikan dengan cara mencetak SDM yang lebih handal lagi."


Saat di Menara 165, Arifin ditemani oleh H. Darmawan Jaya (Korwil ESQ Kalsel) serta Totok Agus Daryanto (Kepala BKD Kota Banjarmasin). Hari ini pun, Arifin bersama jajarannya membawa 30 peserta (kepala SKPD) untuk mengikuti training ESQ Executive.




"Walikota Banjarmasin beserta wakilnya ternyata sudah lama menerapkan ilmu ESQ di lingkupnya. Kami yakin seyakin yakinnya seperti yang dikatakan oleh Pak Ary bahwa bangsa ini akan mencapai puncak keemasan kejayaannya ketika kita tak hanya punya kompetensi tetapi kita juga harus punya karakter," tutur Darmawan.


Pria yang pernah menjabat sebagai Walikota Banjarbaru itu menambahkan, "Karakter itulah yang diajarkan di ESQ ini. Indonesia Emas akan terwujud apabila orang orangnya punya kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual." 


"Kami percaya Pemkot Banjarmasin akan mencapai pencapaian yang luar biasa. Saya percaya para kepala dinas beserta ASN di Pemkot ini sudah sangat kompeten tinggal diperkuat dengan karakternya, emosional dan spiritual," sambung Darmawan.


Dikatakan olehnya juga dengan penuh keyakinan bahwa, "Indonesia emas akan tercapai kalau tercipta provinsi provinsi emas di Kalimantan. Kalimantan emas itu akan terwujud kalau tercipta Banjarmasin emas dan kota kota emas lainnya."


Untuk itu, Totok ungkapkan beberapa program yang sudah maupun akan dilakukan di Pemkot Banjarmasin ini bersama ESQ. Agar tujuan dan visi antara kedua belah pihak ini terwujud. Apalagi berkaitan dengan implementasi core values BerAKHLAK dan Employer Branding Bangga Melayani Bangsa.

 

"Beberapa kali saya mengikuti training atau program dari ESQ. Dan ini adalah salah satu kegiatan lanjutan bagi kami."


Lebih lanjut, "Lalu, di bulan November atau Desember mendatang kami akan kerjasama juga. Sebelumnya sudah dilakukan audiensi dengan ESQ."




Kemudian, dilanjutkan MoU antara Pemkab Mempawah dengan ESQ. Perjanjian ini ditandatangani oleh Sekda Mempawah Ismail dan Luki Alamsyah (Direktur Utama PT. Arga Bangun Bangsa (ESQ Leadership Center)). 


Sekda Pemkab Mempawah hadir bersama Hermansyah kepala BKPSDM Mempawah. 


Dan terakhir, Penandatanganan Kerjasama antara ESQ Leadership Center dengan Pemkab Sukamara Kalimantan Tengah. Perjanjian ini ditandatangani oleh Bupati Sukamara Windu Subagio serta Sekda Rendi Lesmana. Keduanya menandatangani langsung MoU tersebut. Sedangkan dari Pihak ESQ yaitu dengan Luki Alamsyah dan Ary Ginanjar.




Sebagai info, Pemkab Sukamara mengirimkan insan terbaiknya untuk mengikuti Training Leadership (kepemimpinan) sebanyak 34 orang di Cordoba Hall. Sedangkan 31 orang lainnya mengikuti Training Agent of Change (AOC) di Andalucia Hall, Menara 165.


MoU disaksikan oleh Ary Ginanjar dengan sukacita sembari mengatakan, "Semoga dengan kerjasama ini bisa benar benar mewujudkan Indonesia Emas 2045 bahkan Indonesia Atap dunia 2085," harap Ary Ginanjar.




MoU tersebut menjadi bagian dari Training ESQ Executive batch ke 190 yang digelar selama 3 hari pada Jumat-Minggu 17-19 Februari 2023 secara hybrid. Ada kurang lebih 400 peserta yang join baik secara online (Zoom Meeting) maupun offline (Granada Ballroom Menara 165). Mereka dipandu langsung oleh Founder ESQ Group, Ary Ginanjar Agustian serta Iman Herdimansyah (trainer ESQ).


Para peserta training bertepuk tangan dengan sangat gemuruh dan ramai. Mereka telah menjadi saksi mata dari kerjasama antara 3 Pemerintah dengan ESQ. Dan ratusan peserta itu berasal dari Baznas RI, BPR ANS Group, Pemerintah Kota Banjarmasin, Pemerintah Kab. Sukamara, Pemerintah Kab. Balangan, Pemerintah Provinsi Kalteng, PT Inti Pantja Press Industri, PT Visindo Maju Sejahtera, Bank Eka Lampung, PT. Hankyu Hanshin Logistics Indonesia. 


Hadir juga Irish Bella dan Ammar Zoni sekeluarga.




Kemudian training ini turut mengundang sejumlah tokoh berpengaruh di Indonesia seperti Kapusdiklat Dikbud, Bupati Lingga, Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Batam (Univ. Kepulauan Riau), Pemasaran RSPON, Wakil Kepala PPSDM BPOM, Wadir Direktorat SMK Dikbud, Asisten Deputi Penguatan Budaya Kerja SDM Aparatur KemenPAN RB, Asisten Kapusdiklat tim RBI, Regional Sales & Marketing Manager (EF Kids & Teens), Vice President Citilink, Manager Planning & Inventory Herbalife, Sestama Basarnas, Vice President Human Capital dan General Affair PT. Jalantol Lingkarluar Jakarta, Pegadaian, Direktur RSUD Budhi Asih dan lain lain.


Sebagai informasi, training ESQ Executive adalah pelatihan paling fenomenal yang berawal dari sebuah buku laris berjudul ESQ (Emotional Spiritual Quotient) karya Ary Ginanjar Agustian. Pelatihan ini membantu seseorang menemukan cara hidup yang lebih membahagiakan. Membantu seseorang untuk mengisi hati dengan sesuatu yang lebih bermakna, membentuk jiwa yang lebih teguh, dan mencapai kualitas hidup yang lebih tinggi.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA