Kamis, H / 09 Desember 2021

Public Speaking, Seperti Apa Bicara yang Berkesan Itu?

Rabu 10 Mar 2021 20:21 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Potret saat kegiatan berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA – Lebih dari 112 orang menghadiri Seminar dengan tema “Bicara yang Berkesan dan Tak Terlupakan” pada Rabu (10/3/2021) secara cuma-cuma melalui Zoom Meeting.

 

Ratusan partisipan itu dipandu langsung oleh Coach Rudi (trainer lisensi dari Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian. Di awal sesi, ia menyapa pesertanya yang berasal dari penjuru wilayah di Indonesia bahkan di Negeri tetangga sekalipun.

 

“Selamattt pagi bapak dan ibu, siapa di antara kalian yang sudah mengikuti training atau seminar ESQ,” tanyanya.

 

Mayoritas dari mereka menjawab sudah pernah mengikutinya, namun ada juga beberapa yang belum mengenal ESQ.



<more> 


“Baiklah, akan saya berikan sebuah kisah antara Serigala Putih dan Hitam. Menurut bapak dan ibu apa perbedaan dari keduanya. Kalian akan memilih Serigala yang mana?”

 

Jawaban yang mereka lontarkan lumayan seimbang. Jadi Rudi menjelaskan apa maksud dari kisah tersebut.

 

“Serigala Putih diibaratkan kesucian, fitrah, bersih, baik hati, rendah hati, yang baik-baik ada di dalamnya. Begitupun sebaliknya dengan Serigala hitam yang artinya penuh kebencian, marah, kecewa dan lainnya. Tinggal kitalah yang menentukan Serigala di dalam hati kita,” jelas Rudi, Expert in Character Building.

 


 

Senyum dan tawa menghiasi layar zoom sore ini, diiringi anggukan kepala dan tepuk tangan dari para peserta.

 

“Mari kita mulai materi ini dengan pertanyaan. Kira-kira selama Anda hidup di dunia ini. Adakah kata-kata atau kalimat yang masih terngiang di hati dan pikiran kita hingga saat ini?” tanyanya.




Tety Febrianti menjawab, “Saya ingat kalimat dari seorang pimpinan yang sekaligus memberikan motivasi dengan kalimat ‘Jadilah Diri Sendiri’.”


“Nah itulah yang seharusnya kita lakukan saat berbicara apapun kepada siapapun, sebaiknya melontarkan kalimat-kalimat positif agar lebih bermakna dan bisa ditangkap oleh khalayak,” jelas trainer ESQ itu. 


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA