Jumat, H / 24 September 2021

Praktisi MSDM Harus Install 8 Core Competency, Bisa Menjadi Tempat Curhat?

Jumat 02 Jul 2021 15:00 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Potret saat acara berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA – Dr. Mochammad Aminudin Hadi (Certified HR Manager - BNSP) hadir sebagai narasumber di Seminar Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) pada Kamis (1/7/2021). Seminar yang berlangsung secara daring itu mengambil tema “Kupas Tuntas Sertifikasi Bidang MSDM.”

 

Acara itu digelar oleh ACT Consulting selama kurang lebih 2 jam. Selama moment itu berjalan, Coach Amin ditemani oleh Coach Syaiful (trainer lisensi Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian) serta 170 orang yang hadir dalam zoom meeting.

 

<more>


Tantangan di era globalisasi yang kompetitif menuntut daya saing sebuah organisasi atau perusahaan dalam bentuk pengembangan sumber daya manusia sebagai "intellectual asset" yang menjadi salah satu faktor penting dalam meningkatkan produktivitas perusahaan.

 

Para praktisi HR/SDM dituntut untuk meningkatkan profesionalisme dalam mengelola SDM di perusahaan/organisasi, HR/SDM diharuskan memiliki kompetensi sesuai dengan standar yang ditetapkan. Memahami hal tersebut, itulah tujuan webinar ini diadakan.

 

“Ada yang namanya core competen letaknya di tengah gambar itu yaitu 8 nilai inti yang memang wajib terinstall pada diri manajer atau praktisi SDM masing-masing. Dan kalau teman-teman alumni ESQ pasti sudah punya ilmunya,” kata Amin sambil membagikan salah satu slide yang terpampang jelas di layar zoom.

 

 

Pria yang juga seorang Profesional Coach itu menyebutkan 8 core competen yang terdiri dari integritas, kepemimpinan, manajemen relasi, berorientasi pelayanan, konsultasi, kerjasama, komunikasi, dan pemahaman bisnis. Ia juga menjelaskan secara terperinci satu per satu dari core competen tersebut.

 

“Yang ada di tengah inilah harus sudah terinstall secara otomatis di dalam diri manajer dan ini adalah 8 core competen yang wajib dimiliki para praktisi MSDM,” katanya.

 

Tak hanya paparan materi, seminar itu diselingi dengan berbagai aktivitas lainnya seperti permainan, sharing, diskusi, bahkan menghadirkan bintang tamu yang juga ahli di bidang SDM.



Coach Syaiful membantu arahkan jalannya kegiatan dari awal hingga akhir. Sehingga para peserta dipastikan tetap semangat dalam mengikuti rangkaian acaranya. Dan benar saja, terlihat dari potretnya mereka sangat interaktif dan penuh ekspresif.



 

“Nah bapak dan ibu kami hadirkan Mas Suwita yang pernah mengikuti pelatihan tentang MSDM ini di ACT Consulting,” ucap Syaiful.

 

Suwita memulai dengan perkenalan diri, “Semangat saya hari ini, beberapa saat yang lalu sudah dinyatakan kompeten oleh penguji bidang SDM, dalam training and development supervisor atau supervisor pembelajaran dan pengembangan.”



 

“Saat itu saya sudah yakin betul untuk mengikuti sertifikasi, saya merasa ilmu saya sudah cukup. Namun ternyata yang saya lakukan sejauh ini belum banyak. Coach Amin memberikan informasi dan materi melalui sebuah training yang memang membukan mindset saya bahwa yang saya lakukan selama ini hanya sebagian kecil saja,” ungkapnya saat mengikuti program sertifikasi sebelum dinyatakan kompeten.


Ia juga menambahkan dengan sangat antusias bahwa, “Training di ACT Consulting ini sangat lugas, membuka pikiran saya. Apa yang disampaikan oleh Coach Amin dan ACT ini luar biasa. Setelah mengikuti 1 sesi, sesi berikutnya saya termotivasi untuk mantengin terus hingga akhir. Rasanya agak kurang rela ninggalin materi di setiap sesinya.”


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA