Sabtu, H / 20 April 2024

Pertama Kali Peluncuran ASN BerAKHLAK di Kawasan Timur, Pemprov Maluku Gandeng ESQ

Sabtu 16 Jul 2022 06:08 WIB

Reporter :EDQP

Tangkapan Layar

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA – Jumat (15/7/2022) menjadi hari bersejarah, untuk pertama kalinya Core Values ASN BerAHLAK diluncurkan di kawasan Timur Indonesia dihadiri para tokoh di antaranya Wakil Gubernur Maluku Drs. Barnabas N. Orno, Kepala Biro Organisasi Setda Maluku Drs. Mekias M Lohy. MT, Kepala Biro Organisasi Tata Laksana Kemendagri Ir. Suprayitno, MA dan Pendiri ESQ Group Dr. (H.C) Ary  Ginanjar Agustian. Bertempat di Gedung Islamic Center, Ambon, Maluku, selain secara daring, acara ini juga  digelar melalui zoom meeting dan live streaming di Youtube, sehingga bisa ditonton oleh para Sekda, Bupati, Walikota, seluruh ASN Maluku dan seluruh Indonesia. 

Wagub Barnabas N. Orno mengaminkan ucapan Ary Ginanjar bahwa Maluku menjadi Provinsi pertama dari wilayah bagian timur yang meluncurkan Core Values ASN BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif). Core value ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo tahun 2021.



“Memang benar yang dikatakan oleh Pak Ary bahwa ini baru pertama untuk Indonesia dari Timur yaitu Maluku. Terimakasih. Memang matahari itu tidak bisa kita halangi, jadi harus mulai dari Timur. Tidak salah Bapak bilang dimulai dari sini,” tuturnya kepada Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian (Pendiri ESQ Group).

Wagub Maluku pun menjelaskan ulang apa yang disampaikan oleh Drs. Mekias M Lohy. MT (Kepala Biro Organisasi Setda Maluku) di awal sesi bahwa tujuan dari acara kali ini yaitu untuk menciptakan birokrasi pemerintah yang professional, adaptif, kreatif, berintegrasi, berkinerja tinggi, bersih dan bebas dari KKN, mampu melayani publik secara netral, sejahtera, berdedikasi dan memegang teguh nilai nilai dasar serta kode etik aparatur sipil negara yang bekerja dengan hati.

“Namun, untuk mewujudkan hal tersebut tidaklah mudah tetapi diperlukan upaya luar biasa dalam menata ulang reformasi birokrasi ASN yang memiliki terobosan dan pemikiran baru di luar kebiasaan dan rutinitas sehari hari,” lanjutnya dalam kegiatan yang memiliki slogan ‘Bercahaya dari Timur’ itu.

Untuk itu, ia tekankan kepada para jajaran ASN di Provinsi Maluku beberapa hal salah satunya terkait nilai budaya kerja BerAKHLAK yang di launching hari ini.

“Jangan sebatas slogan atau motto saja namun harus ditindaklanjuti secara nyata di lapangan melalui perubahan atau mindset dari cara kerja birokrasi yang professional. Dalam artian bukan hanya cerdas dalam bekerja tapi memiliki juga moralitas yang terpuji untuk bekerja dengan hati,” papar Barnabas.



Ia juga berujar,  “Tolong di hari kedua juga, untuk seluruh pimpinan OPD itu mesti hadir. Karena acara ini penting. Jika nanti mendalami ini di OPD masing-masing, kalian sebagai pimpinan akan lebih sayang kepada anak buah dan anak buah juga akan hargai pimpinan.”

Tak lupa, Pria yang pernah menjabat sebagai Bupati Maluku Barat Daya itu mengatakan kepada Ary Ginanjar, “Sebelum pulang, silakan cicipi makanan khas Maluku yaitu Papeda dan Ikan Kuah Kuning.”

Menurutnya, hal itu seiring dengan perilaku dan karakter orang Maluku yang seperti pohon sagu, berduri di luar tapi putih di dalam. Daripada seperti kedongdong licin diluar berurat di dalam.

Pendiri ESQ Group itu mengucapkan terimakasih sekaligus mengapresiasi perhelatan yang menurutnya luar biasa ini.

“Luar biasa pertemuan pertama dengan Wakil Gubernur Maluku ini. Saya menyangka Wagub itu orangnya birokratis seperti jaman dulu. Tetapi ketika saya bertemu Wagub Maluku, beliau sangat sangat informal, menyambut tamu dengan cara yang menyatu dengan masyarakat,” terang Ary dengan antusias.

<more>

“Izin juga Pak Wagub kebetulan saya sudah mencicipi makanan Khas Maluku. Saya sudah makan rujak natsepa, sagu gula, papeda dan lainnya yang sangat enak,” sambungnya sambil tersenyum.

Sebelum acara dimulai, Ary Ginanjar bersama Barnabas sempat berbincang-bincang. Wagub Maluku mengatakan bahwa, “Kita ini terlalu banyak sistem dan aturan. Justru karena terlalu banyak itu kita malah jadi makin berantakan. “



“Saya kaget, kok bisa baca pikiran saya. Sakti sekali Pak Wagub. Dan hari ini kita launching, solusinya yaitu nilai nilai BerAKHLAK yang menjadi kode etik ASN secara nasional,” kata Ary yang juga merupakan peletak dasar Ber-AKHLAK melalui buku ASN Ber-AKHLAK Bangga Melayani Bangsa.

Ary juga menjelaskan bahwa apa yang dipaparkan oleh Wagub Maluku tersebut sudah ia tulis di Buku ESQ 23 tahun yang lalu.

“Salah satu di buku itu tertulis bahwa jadi orang yang religious belum tentu spiritual dan orang yang spiritual belum tentu religious. Itu teori yang saya buat dalam buku ESQ,” lanjutnya.



Selanjutnya Ary setuju dengan apa yang dituturkan oleh Kepala Biro Organisasi Tata Laksana Kemendagri Ir. Suprayitno, MA bahwa dari sekian banyak daerah yang sudah meluncurkan Core Values ASN BerAKHLAK, Provinsi Maluku-lah yang paling meriah acaranya.

“Acara ini yang terhebat, ini yang luar biasa, Pak Sekjen sangat mengapresiasinya. Karena di sini memperlihatkan kolaborasinya mulai dari tarian, doa dari seluruh Pemuka Agama (Islam, Protestan, Katolik, Budha, Hindu), penyambutannya, paduan suara, dan lain-lain. Ini merupakan cerminan bahwa Maluku luar biasa. Temen-teman ASN di Maluku sudah paham betul nilai-nilai BerAKHLAK,” tutur Suprayitno.

Dari acara ini juga terlihat bahwa ESQ bersifat universal, yang bisa diterima berbagai suku, agama, adat istiadat dan lainnya, yaitu Indonesia  Raya.



Di sela-sela acara, ada pemutaran video dari Irjen. Pol. (Purn) Drs. Murad Ismail Gubernur Maluku yang turut mendukung adanya Launching ASN BerAKHLAK di Provinsi Maluku ini.

“Saya mendukung sepenuhnya program Presiden Republik Indonesia tentang ASN BerAKHLAK dalam rangka menggerakan percepatan transformasi birokrasi aparatur sipil negara di wilayah Provinsi Maluku,” ucap Pria nomor 1 di Maluku yang juga merupakan Alumni ESQ tersebut.



Di akhir acara, tepatnya di tepi laut Natsepa Ary Ginanjar beramah tamah dan bernyanyi bersama Gubernur Maluku Murad Ismail serta istrinya. Menurut Ary, keduanya punya suara merdu.



Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA