Sabtu, H / 31 Juli 2021

Pertahanan Jangkar dan Kompas di PSTA-LAPAN

Jumat 27 Nov 2020 16:54 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Coach Yendra (trainer lisensi dari Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian)

Foto: dok. ESQ

“Bukan spesies terkuat yang bertahan hidup, bukan juga yang paling cerdas. Tapi yang paling responsif terhadap perubahan.” - Charles Darwin

 

ESQNews.id, JAKARTA – Sekitar 70 orang di Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) hadiri Seminar Motivasi dari ESQ Leadership Center, pada Jumat (27/11/2020) melalui zoom meeting.

 

Insan Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA-LAPAN) tersebut dipandu langsung oleh Coach Yendra dan Astren Firman (trainer lisensi dari Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian).



<more>

 

Yendra bertanya kepada para peserta webinar terkait The New Normal saat masa Pandemi Covid-19 melanda.

 

“Menurut bapak dan ibu, apa yang berbeda saat sebelum dan sesudah pandemi hadir di tengah-tengah kita? Kira-kira apa yang dulu ada namun sekarang tidak ada. Dan yang dulunya tidak ada, namun sekarang ada?”

 

Peserta yang terdiri dari berbagai golongan itu merespon melalui kolom chat berikut:

 


 

“Sama halnya yang dialami oleh ESQ dulu dan sekarang bapak ibu sekalian. Dulu kami training secara offline, sekarang mau tak mau harus online untuk mencegah terjadinya kerumunan,” sambungnya.



 

Coach Yendra menjelaskan bahwa kita berada di Era VUCA yang serba berubah, tak tentu, kompleksitas, dan ambigu. Ia mengibaratkan bahwa kita berada di sebuah kapal yang tiba-tiba terkena badai, untuk melalui rintangan tersebut kita memerlukan jangkar dan kompas.



 

“Kompas digunakan untuk menentukan arah, sedangkan jangkar adalah alat apabila kita terhempas. Dalam kehidupan kita harus memiliki jangkar yaitu nilai-nilai kehidupan yang harus kita pegang. Dan kita senantiasa harus terus melihat kompas di dalam hati yaitu tujuan hidup.”


Artinya, kompas itu diibaratkan visi dan misi di PSTA-LAPAN (Core Purpose). Sedangkan jangkarnya adalah nilai atau Core Values AKHLAK.

 



Tim ESQ pun memberikan feedback kepada 3 peserta dengan berbagai kriteria yang berhak mendapatkan tiket Training Online Amazing You tanggal 12-13 Desember 2020 bersama Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian secara cuma-cuma.

 

Salah satunya yaitu pria separuh baya bernama Mahmud. Karena dirinya telah membacakan Visi Misi PSTA LAPAN dengan semangat.

 

“Wah, terimakasih Coach Yendra, terimakasih pak Ary beserta tim ESQ.”


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA