Jumat, H / 29 Maret 2024

Peran Gen-Z Hadapi Resesi Global, Dibahas dalam Konferensi Penalar Muda Unhas [UKM KPI Unhas]

Rabu 16 Nov 2022 11:05 WIB

Reporter :EDQP

Tangkapan Layar

Foto: Dok. Unhas

ESQNews.id, MAKASSAR - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Keilmuan dan Penalaran Ilmiah (KPI) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar mengadakan Konferensi Penalar Muda Unhas di Science Techno Park, pada hari Minggu (12/11/2022).


Konferensi ini mengangkat tema “Strategi dan Taktik Gen-Z dalam Menghadapi Ancaman Resesi Global." Hal tersebut diharapkan menambah pemahaman mahasiswa dalam memandang ancaman resesi global serta memahamkan perannya sebagai kontrol sosial yang bijak dalam menanggapi transformasi dan perubahan yang masif pada lingkup kehidupan sosial di masyarakat. 


Ketua Panitia, Mujaril Ismail menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan suatu program yang pertama kali diadakan oleh UKM KPI.


“Konferensi Penalar Muda Unhas 2022 ini merupakan program inovatif yang digagas oleh UKM KPI Unhas guna membentuk kerjasama antar lembaga penalar tingkat universitas dan lembaga penalaran tingkat fakultas. Jadi bentuk kerjasamanya yaitu UKM KPI menginisiasi penyelenggaraan konferensi dimana UKM fakultas mengutus delegasi untuk memaparkan buah pikir yang inovatif dan solutif mengenai tema yang ditetapkan. Tapi tetap UKM KPI juga terdapat delegasi yang diutusnya.”


<more>


Diselenggarakannya perhelatan ini merupakan bentuk inisiasi lahirnya kolaborasi antara lembaga penalaran tingkat universitas dan lembaga penalaran tingkat fakultas, juga diharapkan insight baru dapat terbentuk dalam melihat suatu isu dimana hasil dari kegiatannya itu mampu melahirkan langkah antisipatif atas permasalahan, isu dan problem yang di perbincangkan.


Hasil dari solusi dan langkah antisipatif ini nantinya akan dituangkan ke dalam proceeding dan policy brief. Fahmi Alfarabi selaku salah satu delegasi pada konferensi ini mengatakan bahawa konferensi penalar muda ini sangat bermanfaat untuk membuka arah gerak generasi  Zellennial.


“Menurut saya kegiatan konferensi ini sangat baik, dimana penyelenggara memberi ruang intelektual kepada penalar muda untuk berdiskusi secara langsung baik dengan sesama penalar muda dari fakultas berbeda maupun dengan para pakar intelektual."


Lebih lanjut katanya, "Ilmu yang disampaikan sangat bermanfaat untuk membuka arah gerak generasi  z di masa yang akan datang khususnya dalam mengatasi ancaman global. Saya berharap semoga kegiatan ini dapat dikembangkan dengan menghadirkan beberapa pemateri lainnya dan mengundang beberapa universitas lainnya untuk ikut berpartisipasi secara langsung.”


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA