Selasa, H / 05 Juli 2022

Penyaluran Zakat dari ESQ Group melalui ESQ Kemanusiaan Bersama Anak Yatim dimana Orang Tuanya Meninggal Karena Covid-19

Rabu 27 Apr 2022 19:36 WIB

Reporter :EDQP

Potret Saat Acara Berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA – “Semesta Ramadhan, Bersama Saling Menguatkan” adalah salah satu program Ramadhan dari ESQ Kemanusiaan. Dimana pada hari Rabu, 27 April 2022 (25 Ramadhan) ESQ Kemanusiaan menyalurkan program Semesta Ramadhan dari dana zakat yang diberikan oleh ESQ Group di ruang Gibraltar Menara 165, berupa santunan dan perlengkapan sekolah kepada 150 anak yatim yang orang tuanya meninggal karena terdampak Covid-19.

 

Ratusan orang tersebut, berasal  dari 2 kecamatan dan 9 kelurahaan yang berbeda yakni Kecamatan Pasar Minggu (terdiri dari Kelurahan Cilandak Timur, Kelurahan Jati Padang, Kelurahan Kebagusan, Kelurahan Pasar Minggu, Kelurahan Pejaten Barat, Kelurahan Pejaten Timur dan Kelurahan Ragunan). Selanjutnya yaitu berasal dari Kecamatan Cilandak (terdiri dari Kelurahan Pondok Labu dan Kelurahan Lebak Bulus).



 

Acara ini dihadiri oleh H. Mukhlis (Dewan Kota Jakarta Selatan) bersama jajaran dari Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan, Eli (Perwakilan Camat Pasar Minggu), Ary Ginanjar Agustian (Founder ESQ Group), Lea Sri Endari Irawan (Ketua Umum ESQ Kemanusiaan) bersama tim.

 

Dalam sambutannya, H. Mukhlis menyampaikan apresisi terhadap ESQ Kemanusiaan yang telah mempelopori kepedulian anak yatim yang terkena dampak dari Covid-19. Ia juga berharap agar semua pihak perusahaan atau perorangan dapat mendukung kegiatan kepedulian kepada masyarakat luas.


 

“Kami mewakili Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan khususnya kecamatan Pasar Minggu dan Cilandak ini menyampaikan apresiasi atas berkenannya ESQ Kemanusiaan yang telah memberikan perhatian penuh kepada warga kami. ESQ Kemanusiaan telah menjadi teladan bagi masyarakat serta lembaga yang lain bahwa hari ini kita sama sama menyantuni anak anak yatim,” paparnya.

 


H. Mukhlis menambahkan, “Apa yang dilakukan ESQ Kemanusiaan ini adalah bagian daripada sebuah keteladanan. Kami selaku masyarakat, insyaAllah akan membantu dan mendukung semua program di ESQ Kemanusiaan. Karena kami semuanya memahami bahwa yang dilakukan oleh ESQ Kemanusiaan adalah semata mata untuk membantu umat manusia terutama di masa pandemic ini.”


 

Kemudian, Eli juga memaparkan sambutan singkatnya, “Ini adalah sebuah anugerah dari Allah SWT, sehingga kita dapat berkumpul hari ini untuk melakukan penyerahan zakat bersama ESQ Kemanusiaan. ESQ Kemanusiaan ini sangat luar biasa dan kami juga akan berlatih untuk membangun jiwa kemanusiaan ini di lingkup kantor kami.”


 

“Hasilnya dari program ini yaitu mendapat apresiasi juga dari pemerintahan kepada ESQ Kemanusiaan. Sehingga kita dapat bersyukur merasakan indahnya berbagi. Maka kita akan saling menguatkan,” sambungnya.

 

Mendengar berbagai apresiasi kepada ESQ Kemanusiaan, Ary Ginanjar juga turut mengucapkan terimakasih kepada pihak yang bersangkutan dalam acara ini. Ia menyampaikan, "Makna puasa adalah momentum untuk silaturahmi dan berbagi. Kegiatan ini adalah sebagai wujud nyata kepedulian ESQ Group."


 


“Jangan melihat dari jumlah atau nilainya, tapi ketulusan hati yang terdalam. Saya berharap ini bisa menginspirasi buat semuanya untuk senantiasa mengeluarkan kewajiban bernama zakat. Semoga semua insan yang ada di Pemkot Administrasi Jaksel ini mendapat berkah dan ridho dari Allah. Tandanya sudah lulus semua nih mengimplementasikan ASN BerAKHLAK,” tutur Ary dengan senyuman.


 

Sama halnya dengan wanita yang akrab disapa Bunda Lea tersebut, ia menyampaikan dalam sambutannya, "Memaknai bulan suci ramadhan ini dengan rasa syukur kepada Allah SWT. Dan menjadikan momentum ini sebagai ajang berbagi dan saling menguatkan. Semoga apa yang diberikan ESQ Kemanusiaan kepada anak anak beserta orang tua asuhnya ini sangat bermanfaat, aamiin.”

 

Kegiatan di akhiri dengan pembagian zakat, foto bersama, doa sekaligus adanya simbolis penyerahan zakat ESQ Group kepada BEM ESQ Business School. Tujuannya adalah agar zakat atau dana tersebut  disalurkan ke berbagai wilayah seperti Jakarta, Bandung, Bogor, Solo, Depok, Tangerang, dan lainnya. Karena kepeduliannya, mereka berinisiatif sebagai pelaksana penyaluran program Ramadhan tersebut.


<more>


“Kami dari ESQ Business School, akan salurkan zakat dari Pak Ary dan ESQ Group bersama ESQ Kemanusiaan ke daerah Jakarta, Bandung, Depok, Tangerang dan Solo. Nah nanti akan ada panitianya untuk membagikan zakat kepada orang orang yang membutuhkan,” kata salah satu mahasiswa ESQ  Business School itu.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA