Jumat, H / 29 Maret 2024

Pensiun Kerja Bukan Berarti Pensiun Hidup

Jumat 30 Aug 2019 21:35 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Foto bersama Coach Ida dan Mark Sungkar

Foto: ESQ Media

Modal terbesar dari seorang pensiunan, bukanlah uang pesangon. Tetapi KEYAKINAN bahwa dirinya dianugerahi Tuhan potensi terbaik untuk terus berkarya sebagai Hamba dan Khalifah-Nya.


ESQNews.id, JAKARTA - Adakah rasa ke khawatiran pada diri Anda untuk mempersiapkan masa pensiun kelak? Mengenai biaya hidup, aktivitas sehari-hari, merasa kehilangan (jabatan, status, teman) dan lainnya.


Untuk meminimalisir kegelisahan dan rasa gundah gulana. ESQ mempersembahkan training Masa Persiapan Pensiun (MPP).


Seperti yang diadakan oleh Bumi CIMB Niaga, Gunung Geulis, Bogor pada 27-30 Agustus 2019. Dengan berbagai agenda yaitu yoga, parenting, healthy session, pensiun sharing, bisnis kuliner, hidroponik, financial quotient dan masih banyak lagi.


Kurang lebih 30 peserta yang hadir. Dipandu oleh beberapa orang profesional hebat di bidangnya. Coach Ida salah satunya sang ahli parenting.




Membawakan tema "Keluarga bahagia dan bermakna di masa pensiun". Coach Ida memaparkan hasil riset dari Robert Waldinger, apa alasan yang membuat kita tetap sehat dan bahagia.


Good relationship jawabannya, menjalin hubungan yang baik. Dengan keluarga, rekan kerja, tetangga, sanak saudara, sang leaders. Banyak impact untuk kita sendiri. Memperpanjang umur dan menambah rejeki misalnya.




Pertanyaannya, apakah kita semua sudah menjalin hubungan yang baik dengan mereka? Khususnya dengan keluarga atau saudara terdekat kita.


"Ada kisah seorang ibu yang curhat karena mewariskan cara yang salah kepada anaknya, sehingga sang anak mewariskan cara yang salah kepada cucunya. Dan sebenarnya mewariskan tidak melulu tentang harta namun wariskan dengan karakter," jelas sang ahli parenting tersebut.


Hal yang penting saat pensiun juga yaitu perbaiki komunikasi dengan suami, anak, istri, anggota keluarga lainnya. "Jika kita berkualitas mendidik anak, maka anak akan berkualitas mendidik keturunan selanjutnya," tutupnya.


Ani Noor Isfiani, selaku Senior Vice President, Jakarta Branch & Sales Management Head, Syariah Banking Directorate memberikan testimoninya setelah mengikuti training MPP. "Saya sebenarnya minta pensiun udah sejak lama, tapi baru diijinkan bulan Maret tahun depan. Padahal saya sudah mempersiapkan masa pensiun saya berkat training ini. Melakukan aktivitas seperti menjadi Coach, memantau 'rumah singgah' di Bandung, mempunyai banyak waktu dengan keluarga, sekaligus memperbaiki ibadah saya. Pensiun kerja bukan berarti tidak ada aktivitas lagi. Saya bersyukur kenal ESQ yang sudah merubah hidup saya dan almarhum suami saya. Dari situ setiap event ESQ saya sempatkan hadir."


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA