Minggu, H / 29 Januari 2023

Pengakuan Presdir Rapinis M: Harmony as an Orchestra Sebagai Kunci PT KPP Growth 1000%

Selasa 24 Jan 2023 18:45 WIB

Reporter :EDQP

Potret saat kegiatan berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA - Menjadi organisasi berkinerja tinggi membutuhkan keterlibatan dan motivasi semua pemangku kepentingan dengan perilaku, nilai, dan keyakinan yang sama. Dalam hal ini sangat penting pimpinan organisasi dan tim budaya mampu untuk mengidentifikasi, memahami, dan secara aktif membentuk budaya, membangun pemimpin hebat dan memiliki orang yang tepat untuk mendukung transformasi bisnis.


PT Kalimantan Prima Persada (PT KPP) menjadi contoh organisasi yang sudah memenuhi kriteria di atas. Menurut pengakuan President Director Rapinis Mutiara bahwa PT KPP sudah mengimplementasikan hal hal yang dibutuhkan untuk pengembangan organisasinya. Hal itu terbukti dari perkembangan pesat (sukses) PT KPP yang eksponensial dalam waktu singkat (growth 1000%).


Sebagai informasi, PT KPP merupakan perusahaan pertambangan yang memiliki perkembangan yang sangat pesat dengan melakukan perubahan yang mendasar di sisi SDM dan bisnis. Dengan pencapaian yang baik ini, KPP bisa menjadi salah satu benchmark & berbagi pengalaman.




Untuk memaparkan rahasia pertumbuhan pesatnya di PT KPP, Rapinis Mutiara turut hadir sebagai narasumber dalam acara yang digelar oleh ACT Consulting International. Perhelatan itu berlangsung pada tanggal 24 Januari 2023 secara hybrid (online dan offline).


Dalam kesempatannya juga, Ary Ginanjar Agustian (Founder ACT Consulting International/ESQ Group) turut mendampingi orang nomor 1 di PT KPP sekaligus menjadi narasumber. Acara yang mengsung tema “FROM CULTURE TO PERFOMANCE” tersebut semakin seru karena dimoderatori oleh Putri Pamela (Managing Partner ACT Consulting International).


Kegiatan ini ditujukan kepada Jajaran Direksi, Tim Budaya Kerja, Tim Recruitment, serta Tim SDM Perusahaan Pertambangan dan Energi (di berbagai BUMN, swasta dan Umum).


“KPP dapat tumbuh mencapai 1000% lebih di tahun 2017-2018 dan di tahun 2022 makin eksponensial lagi. Pertumbuhan ini saya sebut dengan istilah konsep orkestra.” 




Menurutnya, dalam 1 orkestra, setiap alat musik memiliki arti. Setiap bagian memainkan perannya, baik besar maupun kecil. Walaupun berbeda, semua memiliki bobot yang sama dengan komando ‘music conductor’ sebagai pemimpin. Lalu, membuat suatu simfoni dengan nada nada, menuju suatu tujuan bersama dan menciptakan harmoni yang sempurna. 


“Karena KPP seperti orkestra, sehingga kita menjadi tim yang sangat luar biasa. Persatuan, sinergi menjadi suatu hal yang penting. Dan saya turut mengapresiasi seluruh insan di PT KPP ini,” katanya dari Studio lantai 23 Menara 165.




Pria kelahiran Padang itu menjelaskan bagaimana caranya konsep orkestra diterapkan ke dalam startegi bisnis. 


“Ada satu hal yang luar biasa ketika saya mengikuti training ESQ. Setelah mendengar paparan dari Pak Ary terkait mengkombinasikan 3 kecerdasan dalam hidup yakni intelektual, emosional, spiritual. hal itu menjadi kekuatan yang luar biasa bagi saya sejak dulu, sekarang hingga nanti.”


Lebih lanjut, “Semenjak itu, saya merasa selalu diberikan kemudahan, kelancaran, baik dalam keseharian maupun dalam organisasi hingga bisa growth. Saya bisa menjadi pribadi yang growth mindset, lalu saya salurkan juga kepada pimpinan dan insan KPP atas apa yang telah saya dapatkan.”


“Untuk memperkuat organisasi atau DNA masing masing orang, kami juga dibantu oleh ACT Consulting International. Dengan bantuan assessment dari ACT Consulting International, metode coaching, training ESQ, KPP bisa Growth 1000% bahkan lebih. Tak lupa, KPP juga terus berinovasi mengikuti kemajuan teknologi (digitalisasi),” jelas Rapinis M dengan takjub.


Lebih lanjut, “Dengan assessment dari ACT Consulting International juga, bisa memudahkan organisasi untuk merekrut orang, memilih orang yang tepat untuk sebuah perusahaan, sehingga antar 1 orang dan yang lainnya saling harmonis dan berpengaruh kepada kinerja, performa yang maksimal.”


“Saya juga setuju dengan yang dikatakan oleh Pak Ary, bahwa sebagai seorang pimpinan di perusahaan akan berusaha untuk menjadi sufi corporate. Dengan begitu, kita yakin bisa bersama sama wujudkan Indonesia Emas 2045,” tutupnya.


<more>


Ary Ginanjar langsung memberikan tepuk tangan kepada PT KPP dan mengucapkan apresiasi atas segala pencapaiannya. 


“Hari ini kita bisa mendapatkan rahasia suksesnya KPP dari Presdirnya langsung. Dengan begini saya teringat oleh penulis buku The Corporate  Mystic. Ia meramalkan bahwa kelak akan lahir sufi-sufi corporate. Dan sufi corporate ini telah lahir dari KPP.”


“Performa yang dicapai oleh KPP ini tak lepas dari sosok pemimpin yang memiliki 3 prinsip dari segi head, heart, hand. Heart, seorang pemimpin yang memiliki hati yang takut akan Tuhan. Head, seorang pemimpin yang pemahamannya matang, bijaksana mengambil keputusan, sedangkan hand yaitu pemimpin yang berkompeten serta kreatif,” papar Ary.




Menurut penulis buku AKHLAK BUMN itu, PT KPP mampu berkembang karena bisa mengkombinasikan 3 why sebagai kunci keberhasilan, yakni strong why (memikirkan strategi agar target tercapai), big why (haus akan mendapat kejuaraan dan penghargaan), grand why (pimpinan atau insan di suatu organisasi yang tidak sungkan menyebut nama TuhanNya, tidak lupa diri bahwa perkembangan pesat ini dikehendaki oleh TuhanNya). 


“Dan dampak dari ketiganya sangat dahsyat, melahirkan lonjakan performa yang luar biasa, bisa growth 1000%. Inilah yang saya lihat dari model kepemimpinan dari PT KPP,” kata Pria yang memiliki 17 perusahaan di bawah naungan ESQ Group itu.




Ary Ginanjar juga melihat bahwa PT KPP ini mempunyai fondasi yang kuat. Fondasinya berupa nasionalisme dan spiritulisme yang sangat kental. Kemudian diperkuat dengan tiang (4 pilar PT KPP) yaitu core values CISS (Competent, Integrity, Sinergy, Safety). Ditambah atapnya yaitu kompetensi (inovasi, solusi, strategi dan lainnya).




Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA