Selasa, H / 05 Juli 2022

Pemda Cianjur Ikuti Pelatihan ESQ, Herman: Memandang Pekerjaan Bukan Beban Melainkan Sebuah Pengabdian

Jumat 01 Apr 2022 12:09 WIB

Reporter :EDQP

Potret Saat Acara Berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA – Menurut Herman Suherman selaku Bupati Cianjur, seorang pelayan masyarakat di Kabupaten Cianjur, perlu adanya upgrading ilmu pengetahuan dan wawasan dalam memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat Cianjur di era VUCA, Era Digital 4.0.

 

Untuk itu, Pemerintah Daerah Cianjur mengikuti pelatihan dari ESQ selama 2 hari pada tanggal 21 - 22 Maret 2022 di Sevillage. Menggelar training ESQ merupakan salah satu upaya untuk merealisasikan himbauan dari sang Bupati.

 

Pelatihan yang mengusung tema “Pentingnya ESQ dan Nilai ASN Ber-AKHLAK untuk Mencapai Cianjur Manjur dan Berkhlak Mulia” itu diikuti oleh 32 OPD, 3 Direktur Rumah Sakit Daerah, 3 Direktur BUMD Kabupaten Cianjur , 32 Camat dan 3 Staff Ahli Bupati di seluruh Kabupaten Cianjur.

 

“Untuk para kepala OPD, niatkan untuk mencari ilmu, konsentrasikan semua pikiran dan untuk sementara lepaskan dulu urusan – urusan yang lain agar pelatihan ini bisa bermakna dan materi yang diberikan bisa diserap dengan baik dan bisa diapilkasikan pada kehidupan kita yang akan datang terutama dalam rangka meningkatkan kualitas hidup kita,” tutur Herman Suherman.

 

Ia menambahkan, “Dan bukan hanya masalah pekerjaan saja akan tetapi mencakup semua, terlebih saudara – saudara adalah para pejabat yang telah diberi kepercayaan dan tentunya harus dipertanggungjawabkan bukan hanya di dunia tapi sampai ke akhirat.”



 

Menurutnya, Training ESQ ini sangat bermanfaat untuk menanamkan nilai dan prinsip moral, sebagai panduan etika, serta meningkatkan komitmen setiap individu untuk menjalankannya, memberikan makna bekerja kepada setiap individu sehingga meningkatkan loyalitas dan juga produktivitas.

 

“Peserta mampu menemukan kebahagiaan spiritual sehingga memandang pekerjaan bukan beban melainkan sebuah pengabdian dan panggilan jiwa (vocation/calling), serta membangun mindset pegawai sebagai pelayan masyarakat,” sambungnya.


<more>

 

Dalam paparannya, ia berharap output dari Training ESQ adalah agar kompetensi pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cianjur terbentuk karakter tangguh yang memadukan konsep kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) secara terintegrasi dan transendental.

 

“Guna membangun cita-cita kita bersama yiatu Kabupaten Cianjur yang Manjur dan Berakhlak Mulia, Manjur sendiri kepanjangan dari Mandiri, Maju dan Religius, karena Cianjur adalah Kabupaten yang memiliki sumber daya alam yang melimpah dan perlu di kelola oleh orang-orang yang kompeten, amanah dan Berakhlak,” tutupnya.



 

Untuk membantu wujudkan harapan insan dari Pemda Cianjur, Coach Yendra Rahmat Pamungkas (Trainer lisensi Ary Ginanjar Agustian) memberikan materinya dengan lengkap, jelas, terperinci, dengan pembawaan yang tidak monoton pastinya.

 

Menurutnya, Pemda Cianjur mengikuti Training ESQ karena dinilai ESQ mampu memberikan training yang sesuai dengan keinginan dari Pemda dan selama beberapa tahun ke belakang Pemda Cianjur sering mengadakan Training In House dan juga publik di Kabupaten Cianjur.

 

“Di sini saya coba sharing ilmu yang diajarkan oleh gurunda kami Pak Ary Ginanjar, agar para 75 orang peserta ini mampu bekerja lebih optimal dan maksimal untuk mengejar ketertinggalan pasca pandemi covid-19 dan mampu menjadi role model sebagai ASN yang BerAKHLAK di lingkungan Pemda Cianjur,” papar Yendra.


Training ESQ ini dilaksanakan di dalam serta luar ruangan yaitu pelaksanaan sholat tahajud bersama dan dzikir asmaul husna menyambut pajar serta di lanjutkan dengan sholat shubuh berjamaah dan pendalaman materi dari Trainer ESQ.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA