Kamis, H / 28 Maret 2024

Pembinaan Kesejahteraan Keluarga

Rabu 09 Feb 2022 14:07 WIB

Reporter :EDQP

Potret Saat Acara Berlangsung

Foto: Dokumen Pribadi Mushlihin

Oleh: Mushlihin (Ketua LPMD Takerharjo Solokuro Lamongan)


ESQNews.id, JAKARTA - Carik HSB menghubungi saya. Sarjana pendidikan Unesa (Universitas Negeri Surabaya) itu mengundang saya. Tuturnya ada kunjungan ketua tim penggerak PKK kabupaten Lamongan (9-12-2021), di antaranya adalah Bu Bupati Anis YES, Bu Wabup, dan Bu Sekda.


Saya tak mau merugi. Saya hadir jam 09.30 WIB karena undangannya jam 10.00 WIB. Tujuannya agar tidak terlambat. Pun dalam rangka disiplin waktu. Tetiba panitia menginformasikan bahwa para istri pejabat tersebut tiba sekitar jam 12.00 WIB. Penundaan tersebut menguntungkan saya. Lantaran pada jam 10.00 WIB saya juga diharap hadir ke SMPN 1 Karanggeneng untuk menandatangani berkas sertifikasi guru dan menerima 10 kg beras.


Seperempat jam kemudian saya bersecepat pulang. Setiba di rumah saya mandi. Selepas itu berangkat ke balai desa lagi. Azan duhur menggema dari dua masjid Jami. Kami salat berjamaah di musala Al-Ilham. Salat berjamaah lebih utama daripada salat sendirian sebanding 27 derajat (HR. Bukhari).


<more>


Selepas salam, muspika Solokuro berdatangan. Pun para tamu kehormatan mengikutinya. Beliau-beliau itu menyantuni puluhan fakir miskin yang menunggu sejak jam 08.00 dengan sekantong sembako. Dan kami saling mengajak memberi makan orang miskin. Lalu beliau menyimak sambutan Bu Kades. Beliau  meresponnya dengan sambutan pengarahan. Beliau juga meminta hadirin menanya atau menyalurkan aspirasi. Baik perihal posyandu, wisata desa maupun jajanan khas desa.


Sesudah itu pembawa acara menugasi saya memimpin doa. Saya awali dengan taawuz, basmalah, hamdalah dan salawat. Lantas membaca doa pilihan dari Alquran. Misalnya doa kebaikan dunia akhirat, memohon keistkamahan dalam ibadah, memohon ampunan, keberkahan istri dan anak serta doa perlindungan dari wabah.




Kami meninggalkan majelis. Kami menuju warung Candi Samudro untuk makan siang. Miliknya Edi Sucipto, Sarjana Hukum lulusan UMM. Saya didaulat mengucapkan sambutan selamat datang. Bu Anis YES sangat menikmati makanan yang disajikan. Beliau berkenan meresmikannya. Bahkan beliau menyampaikan kesan yang mendalam. Menurutnya warung Candi Samudro sangat luar biasa. Menu, rasa, fasilitas dan letak geografis amat istimewa.


Beliau jua menyarankan. Lalat yang hinggap di makanan agar ditanggulangi. Buatlah buku menu dan daftar harga. Tujuannya pelanggan tidak kapok. Sebab adakalanya penjual menaikkan harga setinggi langit bila orang yang hendak makan para petinggi atau menaiki mobil mewah. Kalkulator mendadak rusak. Enam puluhan pengunjung bersorak.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA