Kamis, H / 09 Desember 2021

Mudahnya Urus Izin Buka Usaha. Bagaimana Caranya?

Rabu 29 Aug 2018 16:53 WIB

Ida S. Widayanti

Suasana acara “South Power Circle 165 Suite” di Menara 165 (29/8)

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA – Mengurus perizinan mendirikan perusahaan selama ini kerap menjadi momok bagi banyak orang. Karena itulah 165 Suite mengagas kegiatan sosialisasi dalam pengurusan perizinan legalitas perusahaan di Mini Auditorium lantai 4 Menara pada Rabu, 29/8. Hadir sekitar 30 orang para pelaku bisnis dari berbagai bidang memenuhi Auditorium.  Acara bertajuk “South Power Circle 165 Suite” dengan tema Mudah Mengurus Perizinan menghadirkan Ucok Sariandalan Lubis Kepala Unit Pelaksana PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) Kelurahan Cilandak Timur.

Ucok mengapresiasi terselenggaranya acara ini. Menurut dia kegiatan seminar seperti ini perlu dilakukan agar orang tahu bahwa PTSP siap melayani masyarakat untuk membuka usaha.

“Acara ini sangat bagus sekali dalam arti kita punya kesempatan untuk menyosialisasikan PTSP dan layanan-layanannya ke dunia usaha. Tujuan PTSP salah satunya untuk memudahkan orang untuk buka usaha,” papar Ucok.

Menurut Ucok setiap tahun Bank Dunia menilai negara-negara yang punya kemudahan untuk masyarakat membuka bisnis. Indonesia selalu membaik setelah ada PTSP. Di Indonesia yang dinilai di Jakarta dan Surabaya.

“Bank Dunia setiap tahun me-release peringkat seluruh dunia dalam hal kemudahan pengurusan mendirikan perusahaan. Poin terbesar ada di Jakarta. Mau tidak mau Jakarta harus membenahi diri,” ujarnya.
 
Ucok berharap dengan sosialisasi melalui seminar ini dapat mematahkan stigma mengurus izin ini ribet, bahwa untuk membuka usaha tidak serumit yang dibayangkan sebelumnya.
Menurut Ucok saat ini tersedia AJIB (Antar Jemput Izin Bermotor).

“Kalau tidak ada waktu ada tinggal telepon, nanti AJIB datang mereka adalah petugas PTSP langsung akan datang.”

Acara berlangsung interaktif. Banyak peserta bertanya tentang seluk beluk mengurus perizinan dan seputar membuka usaha baru.

Ucok sangat menekankan pentingnya memilih lokasi saat membuka usaha. Banyak kasus seseorang sudah membeli atau menyewa tempat, ternyata tempat tersebut tidak diperbolehkan.

“Aturan tata ruang saat ini sudah rigid. Jadi sebaiknya dicek dulu ke PTSP maka akan aman dan prosesnya pun sangat mudah," tegasnya.

Usai acara para peserta diajak tour gedung khususnya di lantai 4 Menara 165. Manager Marketing 165 Suite Nining Purwaningsih mengatakan bahwa salah satu solusi mudah mendirikan perusahaan adalah dengan menggunakan virtual offfice sebagaimana yang disediakan disediakan di 165 Suite Menara 165.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA