Kamis, H / 28 Maret 2024

Motto Unpas dengan Values ESQ Ada Kesamaan

Kamis 05 Sep 2019 14:49 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Mahasiswa dan mahasiswi baru Tahun Akademik 2019-2020, Universitas Pasundan

Foto: ESQ Media

Mungkin jarang Perguruan Tinggi yang memiliki motto atau motivasi bagi kampusnya terkait (IQ,EQ,SQ), terlebih lagi untuk diaplikasikan.


ESQNews.id, JAKARTA – Tiga komitmen atau motivasi Universitas Pasundan yaitu Nyakola (Luhung Elmuna) sama dengan nilai ESQ yaitu kecerdasan intelektual (IQ), Nyunda (Jembar Budayana) dalam nilai ESQ yaitu kecerdasan emosional (EQ), dan Nyantri (Pengkuh Agamana) terakhir yang sangat utama yaitu kecerdasan spiritual (SQ).


"Nyakola orang Unpas itu ilmunya harus tinggi, bisa bermanfaat. Nyunda karena di tanah Sunda jadi ikuti budaya Sunda akrab, ramah, tegas someah. Nyantri itu tetap mengamalkan nilai agamanya seperti doa sebelum belajar. Menyakini agamanya, berbahasa baik, menekankan shalat tepat waktu, dan lainnya," ujar Yendra, selaku trainer di Jawa Barat.


Ketiga nilai ini dibahas tuntas dalam acara “Sidang Terbuka Senat Universitas Pasundan dalam rangka Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2019-2020” di Sabuga, Jawa Barat.


Dipandu oleh para trainer hebat yaitu trainer Ramdani, Sandi, dan Yendra dalam training basic (character building). Biasanya training ini sebagai bekal untuk para mahasiswa baru menghadapi jenjang perkuliahan.




Karena awal mereka masuk itu dari latar yang berbeda-beda, kemudian peralihan dari siswa ke mahasiswa mereka butuh transisi yang cepat untuk mendapatkan jiwa kemahasiswaannya tersebut.


Memberikan pandangan, motivasi, seperti memberikan survey:

. EQ Inventory: IQ rata-rata berpengaruh 6% dalam keberhasilan maksimal 20%

. Institut Teknologi Carnage: dari 10.000 orang sukses, 15% sukses karena kemampuan teknis (IQ) 85% sukses karena faktor-faktor kepribadian (EQ dan SQ)



Mengapa pembekalan ini penting? Dan diadakan training ESQ? “Supaya pembekalan karakternya mereka di gembleng di Unpas, dan pola pendidikan di Unpas pun sama memadukan antara EQ, SQ, IQ dan mereka nyunda nyantri nyakola,” papar trainer Ramdani.


Dan dosen-dosennya pun menyisipkan nilai-nilai spiritualitas bagi mereka nilai Nyantrinya. "Dan pas sebelum lulus mereka di kuatkan lagi, di ingatkan lagi dengan training ESQ contohnya Quantum Excelent. Waktu maba, mereka di beri bekal basic agar mereka menjadi orang-orang baik. Dan ketika lulus tidak hanya jadi orang baik tapi akan jadi sangat baik dan menjadi hebat," tambah Ramdani.


Dan menurut Dr. Albert Edward: dari 4000 orang yang kehilangan pekerjaan, 400 orang (10%) karena kemampuan teknis, 3600 orang (90%) karena faktor-faktor kepribadian.


Materi ini yang disampaikan kepada mahasiswa baru Unpas, agar mengetahui fakta yang ada. Unpas bekerja sama dengan ESQ sudah dari tahun 2012, insyaAllah sampai seterusnya.


"Harapan penerapan setelah lulus bisa di pakai jargon dan ESQnya. Jadi tentu saja proses training ini adalah proses pembinaan/penggemblengan jadi apa yang trainer sampaikan itu harapannya ya bisa menjadi output juga buat mereka gitu loh," tutup Yendra.




Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA