Jumat, H / 29 Maret 2024

Mengidentifikasi Pertumbuhan Benih di Tempat Gelap dan Terang

Rabu 14 Dec 2022 08:04 WIB

Reporter :EDQP

Tangkapan Layar

Foto: Dok. Pribadi Kontributor

Oleh: Erni Fitriyah


ESQNews.id, LAMONGAN - Menanam biji tumbuhan adalah salah satu tugas mapel IPA dalam bab Klasifikasi Makhluk Hidup. Siswa kelas 7 memilih menanam biji kacang hijau yang kebetulan sudah tersedia di rumah.


Pertama, menyiapkan dua pot kecil (gelas aqua) dan biji kacang hijau. Kemudian pot dilubangi pada bagian bawahnya, setelah itu diisi tanah secukupnya dan benih kacang ditanam di dalamnya. Pot pertama diberi tanda huruf A sedangkan pot ke dua huruf B serta diberi nama, biar tidak tertukar dengan teman lainnya.


Pot A ditaruh di tempat terang atau halaman sekolah agar terkena sinar matahari, sedangkan pot B disimpan di tempat gelap yakni di dalam lemari kantor tanpa sinar. Keduanya disiram secara rutin dan setiap harinya pertumbuhan tanaman tersebut diamati serta diukur kurang lebih selama 10 hari.


Selain itu, juga disimpulkan apa sajakah perbedaan dari kedua tanaman yang disimpan di tempat berbeda.


<more>


Setelah praktek tersebut berjalan selama lebih dari 10 hari, para siswa paham dan menulis hasil pengamatannya. Ternyata benih kacang yang ditanam di tempat gelap rupanya juga bisa tumbuh, hanya saja banyak perbedaan.


Seperti pada warna daun yang cenderung kuning, batang berwarna putih dan pertumbuhan batangnya relatif lebih cepat panjang, namun tidak bertunas atau tidak tumbuh daun-daun yang baru.


Sedangkan benih yang diletakkan di bawah sinar matahari, batangnya berwarna hijau, daunnya juga berwarna hijau serta bertunas atau tumbuh daun-daun baru yang subur.


Tentang Penulis: Erni Fitriyah, Guru SMP Muhammadiyah 5 Karanggeneng, sekaligus anggota grup menulis KBM (Kita Belajar Menulis), dan tinggal di desa Takerharjo, Solokuro, Lamongan.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA