Senin, H / 28 November 2022

Membaca Al Quran itu Mudah dan Gampang loh!

Rabu 08 May 2019 14:07 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

"Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur'an dan mengajarkannya" (H.R Bukhari)

Foto: Konsultasi Syariah

ESQNews.id, JAKARTA – Telah berlangsung Kajian Tahsin Al-Qur’an dengan Metode Bilqis pada 8 Mei 2019. Kajian ini khusus Jemaah wanita, dan Alhamdulillah Akhwat yang hadir sangat pro aktif untuk belajar membaca Al-Qur’an. Dibawakan langsung oleh Ustadzah Aas Siti Sholichah di Masjid Ar-Rohim, Menara 165.

 

Dalam kajian tersebut kita membahas tartil atau aturan-aturan dalam membaca Al-Qur’an yang baik dan benar. Ustadzah Aas menjelaskan ada beberapa macam tartil yang harus kita pahami dan pelajari dalam Al-Qur’an yaitu:

 

- Makhraj
  Memperhatikan Makhraj atau tempat tempat keluar huruf-huruf Hijaiyah. Umumnya tempat keluar huruf-huruf Hijaiyah tersebut dibagi menjadi 5 bagian yaitu: rongga mulut, tenggorokan, lisan (langit-langit), kedua bibir, dan batang hidung. Ustadzah Aas memaparkan bahwa di dalam Makhraj terdapat 2 lafaz yang berbeda yaitu lafaz Arab dan lafaz Indonesia.

- Tajwid
  Membaca Al-Qur’an tentu tak lepas dari dari yang namanya tajwid. Kita harus memperhatikan hukum membacanya bila huruf satu dan yang lainnya bertemu.

- Bernafas
 Membaca panjang dan pendeknya ayat di dalam Al-Qur’an perlu yang namanya melatih atau mengatur nafas kita. Tujuannya agar nafas kita kuat membaca satu ayat Al-Qur’an sekaligus dalam sekali hembusan nafas. Caranya adalah duduk dengan kedua kaki dilipat ke belakang (seperti sinden) kemudian buang nafasnya ke bawah, lalu hirup dan tahan di dalam dada selanjutnya lantangkan suaranya dalam satu ayat penuh.

- Irama

  Biasanya kalau kita membaca Al-Qur’an rasa kantuk selalu menyerang. Mengapa? Karena bacaan Al-Qur’an kita lempeng-lempeng saja tidak berirama. Coba jika bacaan Al-Qur’an kita berirama akan lebih enjoy membacanya dan kantuk tidak menyerang lagi.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA