Minggu, H / 29 Januari 2023

Meditasi Bukan Metode Tepat Untuk Meningkatkan Motivasi Kerja

Kamis 09 Aug 2018 09:09 WIB

Nindya Putri

Meditasi (Ilustrasi)

Foto: Istimewa

Tingkat motivasi yang dilaporkan sendiri oleh mereka yang telah bermeditasi lebih rendah daripada kelompok kontrol, meskipun kinerja mereka dari tugas itu tidak terpengaruh.


ESQNews.id, JAKARTA - Berbagai macam metode banyak digunakan untuk menggali dan meningkatkan motivasi diri. Ada banyak pula lembaga training yang menawarkan program-program pelatihan kepada masyarakat terutama para pekerja di perusahaan.


Meditasi, salah satu metode yang cukup menyita perhatian. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, meditasi diartikan sebagai pemusatan pikiran dan perasaan untuk mencapai sesuatu. Didukung oleh banyak penelitian, meditasi memiliki manfaat seperti mengurangi stres dan konsentrasi yang lebih baik.


Namun pada kenyataannya, sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa meditasi kesadaran, jenis meditasi populer di mana seseorang berlatih menyadari  masa sekarang, mungkin bukan cara terbaik untuk meningkatkan motivasi, terutama motivasi di tempat kerja.


"Meditasi adalah tentang menerima masa kini, yang berlawanan dengan motivasi untuk melakukan sesuatu. Meditasi berguna ketika seseorang belum bisa menerima kondisi 'saat ini' atau 'sekarang', jadi meditasi tidak konsisten dengan motivasi untuk mencapai tujuan" pendapat Kathleen Vohs, profesor pemasaran di University of Minnesota, melansir BBC.


Dalam studinya, Vohs meminta ratusan peserta untuk menguji teorinya di lima studi. Pada awalnya, 109 peserta diberi instruksi audio dalam teknik meditasi kesadaran umum oleh pelatih meditasi. Setelah satu sesi 15 menit, semua peserta diminta untuk menangani beberapa tugas sederhana termasuk melakukan teka-teki anagram dan mengedit surat lamaran.


Hasilnya, ia menemukan bahwa tingkat motivasi yang dilaporkan sendiri oleh mereka yang telah bermeditasi lebih rendah daripada kelompok kontrol, meskipun kinerja mereka dari tugas itu tidak terpengaruh.


Namun penelitian ini juga masih menjadi perdebatan, khususnya di kalangan para ilmuwan. Beberapa di antara mereka berpendapat bahwa setidaknya meditasi bisa bertujuan agar pekerja bisa menerima tugas-tugasnya dengan senang hati atau tanpa beban berlebihan dalam dirinya. 


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA