Jumat, H / 29 Maret 2024

Manfaat Buah Mengkudu dan Cara Mengolahnya

Jumat 11 Oct 2019 15:48 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: healthline.com

ESQNews.id, JAKARTA – Mengkudu, dikenal sebagai buah yang pahit rasanya. Buah ini ditemukan di India, Asia Tenggara, termasuk Indonesia.


Tanaman di era digital yang semakin canggih ini, mengkudu sering dipandang sebelah mata karena baunya yang tidak disukai banyak orang.


Padahal dibalik rasa dan baunya yang kurang nikmat, menyimpan banyak manfaat. “Bermula dari ayah saya yang sakit stroke, beliau juga menderita batu ginjal, hipertensi, kolesterol dan beberapa penyakit kronis lainnya, semisal penyumbatan jantung. Maka berinteraksi dengan obat kimia dan herbal sudah saya lakoni sedari kecil,” papar dari akun IG @elhanaan pada (15/7).


<more>


Manfaat dari mengkudu di antaranya: Untuk radang usus, sembelit, batuk, radang amandel, sakit liver, sariawan, kencing manis, hipertensi, menyuburkan rambut, menghaluskan kulit, melancarkan haid, menghilangkan bau badan, kolesterol, mengurangi sakit pada persendian, anti aging, obat kanker, meningkatkan imunitas tubuh, mengobati demam bahkan mengusir tikus.


Mengkudu yang di pakai yang sudah berwarna kuning, bukan yang masih hijau. Untuk rambut tinggal balur rebusan mengkudu ke seluruh rambut kepala. Dan untuk kulit juga tinggal balur ke area kulit.


Semoga bermanfaat!!!


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA