Kamis, H / 28 Maret 2024

Mandi Air Dingin di Pagi Hari, Nyeri Kronis Berkurang!

Kamis 09 Jan 2020 05:00 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: photos.com

ESQNews.id, JAKARTA – Air di pagi hari memang dingin nan segar. Terkadang membuat seseorang menjadi malas untuk mandi dengan air dingin di pagi hari. Dan memilih untuk menggunakan air hangat sebagai jalan alternatif.


Padahal jika kita memilih mandi di pagi hari menggunakan air dingin, itu adalah pilihan yang tepat. Sama halnya kita memberikan banyak manfaat untuk tubuh karena kebiasaan baik ini.


Berikut manfaat mandi air dingin dilansir langsung dari situs Reader's Digest:


  1. Memperkuat imunitas tubuh

    Mengawali pagi mandi dengan air hangat lalu mengakhiri dengan air dingin, kemungkinan untuk menderita suatu penyakit berkurang 30 persen. Hal ini terungkap lewat studi di jurnal PLOS One.

    Lalu, partisipan yang mandi air dingin di 30 sampai 90 detik terakhir, selain membuat jadi jarang sakit, mereka juga melaporkan manfaat baik bagi kesehatan mental. Di antaranya cenderung tidak cemas dan lebih puas dalam memaknai hidup.

  2. Lebih berenergi

    Mandi air dingin di pagi hari bisa membuat tubuh jadi lebih 'bangun'. Hal ini terjadi karena tubuh mengaktifkan hormon endorfin yang membuat tubuh jadi lebih terjaga.

    Studi dalam Behavioral and Brain Functions juga menyebutkan mandi air dingin bisa membantu mengurangi kelelahan jangka panjang. Sehingga usai mandi air dingin seseorang jadi lebih berenergi.



    <more>


  3. Rasa nyeri berkurang

    Bagi orang yang sedang mengalami nyeri kronis, ambil manfaat dari mandi air dingin. Saat tubuh terkena siraman air dingin, secara otomatis hormon endorfin terlepas.

    Membuat rasa nyeri berkurang berdasarkan studi yang dipublikasikan North American Journal of Medical Sciences.


Bagaimana? Menarik bukan? Masih enggan mandi air dingin di pagi hari? Banyak manfaat loh!!!


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA