Senin, H / 15 Juli 2024

Lawan Covid, Ary Ginanjar: Tingkatkan Imun dengan Ilmu TOB!

Senin 12 Jul 2021 13:05 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ary Ginanjar Agustian, Founder ESQ Group

Foto: Instagram

ESQNews.id, JAKARTA – Di era pandemic seperti ini tentu harus mematuhi protocol kesehatan dengan 3 M (mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker). Namun, 3 M saja tidak cukup menurut Ary Ginanjar (Founder ESQ Group).

 

Oleh sebab itu, ia mengunggah sebuah video di akunnya pada Senin (12/7/2021). Postingannya itu sudah mencapai 25,515 views selama 7 jam setelah diupload. Di dalamnya, Ary memberikan tips sederhana yang di sebut ilmu TOB (Tahajud, Olahraga, Berjemur).

 

“Tingkatkan imun dengan ilmu TOB. Yang pertama adalah tahajud. Ini penting sekali karena tahajud adalah cara untuk menguatkan spiritualitas kita. Kita tahu bahwa manusia punya 3 kekuatan yaitu kekuatan fisik, kekuatan emosi, dan kekuatan spiritual. Dan tahajud akan memberikan Anda kekuatan secara spiritual,” jelasnya.



<more> 


Kemudian yang kedua adalah olahraga. Mengapa olahraga penting? Karena fisik kita harus siap apabila kita terserang covid, atau apabila kita harus mempertahankan diri untuk meningkatkan imunitas.

 

“Namun jangan lupa olahraganya harus punya ilmu pernapasan yaitu Anda Tarik nafas 5 detik dan tahan selama 20 detik, lalu lepaskan perlahan-lahan selama 10 detik,” lanjutnya.

 

Tips yang terakhir adalah berjemur. Menurut Ary ini penting sekali dan dilakukan sekitar jam 10 pagi agar mendapat vitamin D.

 

Selengkapnya bisa cek di sini:

 



Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA