Jumat, H / 29 Maret 2024

Kiprah Srikandi UMKM, Ini Tips Bagi Perempuan Pengusaha

Senin 04 Oct 2021 13:41 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Illustrasi

Foto: futuribile.org

ESQNews.id, JAKARTA – Menurut laman Xaham.id, para srikandi UMKM memang sudah terbukti kiprahnya dalam membangun ekonomi bangsa. Karena kontribusi perempuan pada stabilitas ekonomi bangsa memang sangat signifikan.


Berdasarkan Data Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Besar di Indonesia tahun 2014-2018, dari total usaha yang berjumlah 64 juta unit usaha, 99,99 persen usaha di Indonesia adalah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), dimana berdasarkan survei dari Bank Dunia pada 2016 bahwa lebih dari 50 persen usaha kecil dimiliki oleh perempuan.




Adapun tips bagi perempuan pengusaha dalam menghadapi era tatanan hidup baru yakni:


1. Perempuan pengusaha harus bertahan dalam bisnisnya.


2. Tidak beranggapan bahwa kondisi akan kembali seperti sedia kala, maksudnya agar perempuan harus tetap berjuang dengan cara sekarang untuk bertahan.


3. Memiliki kemampuan adaptasi bisnis dengan kondisi saat ini dengan cara terus berinovasi dan kreatif dalam mengembangkan bisnisnya.


4. Mengacu pada perubahan model bisnis perusahaan besar. Terkait strategis bisnis sebaiknya dilakukan optimalisasi produk atau layanan yang sudah ada, perluasan cakupan bisnis, serta perkembangan atau terobosan baru produk atau jasa.


<more>


“Saat ini semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk meningkatkan taraf hidup dan melakukan berbagai perkembangan diri” – Xaham.id


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA