Kamis, H / 28 Maret 2024

Kenalkan Rasa Syukur Pada Anak, Bagaimana Caranya? (3)

Kamis 23 Apr 2020 08:15 WIB

Author :Ida S. Widayanti

Ilustrasi

Foto: wikihow.com

ESQNews.id, JAKARTA - Tak hanya itu, ibu pun pada saat menempuh perjalanan ke luar kota bisa menjelaskan bahwa sebelum ada di pasar, sebagian besar beras diangkut dari desa yang jauh.


Jika ada saudara atau nenek yang tinggal di desa yang ada sawahnya, anak bisa mempelajari tahapan menanam padi dan berapa lama padi dapat dipanen. Setelah dipanen, padi pun tidak serta merta dapat dimasak. Masih ada proses membersihkan padi dan memisahkannya dari gabah sehingga dapat dimasak.


<more>


Jika anak memahami betapa panjang proses nasi hingga terhidang di atas meja, ia tentu tidak akan menyia-nyiakan sepiring nasi yang ada di hadapannya.


Hal tersebut oleh para ahli dinamakan hidden movement atau gerakan/proses yang tidak terlihat. Jika anak memahami hidden movement, ia akan menjadi anak yang pandai bersyukur karena dia paham proses panjang di balik kehadiran suatu benda.


Pikiran anak tentu sangat berbeda dengan orangtua karena pengalaman yang dialaminya juga berbeda. Untuk menanamkan sebuah sikap positif, misalnya syukur tak cukup hanya dengan nasihat, namun perlu pengalaman langsung.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA