Minggu, H / 14 Juli 2024

Kementan Cetak Puluhan Prestasi, SYL Gandeng Ary Ginanjar Perkuat Strategi di Tahun 2023 dengan 3 Komitmen

Jumat 03 Feb 2023 16:24 WIB

Reporter :EDQP

Potret saat kegiatan berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, BOGOR - Kementerian Pertanian (Kementan) berhasil menyabet banyak prestasi atau penghargaan di tahun 2022. Hal itu disampaikan langsung oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam acara yang mengusung tema "Harmoni Kementan untuk Prestasi Gemilang" di PPMKP Kementan, Ciawi - Bogor pada tanggal 3 Februari 2023.


Pria pemilik nama publik SYL itu turut mengundang Ary Ginanjar Agustian (Founder ACT Consulting International/ESQ) sebagai narasumber. 


Mentan RI juga hadir bersama Kasdi Subagyono (Sekjen Kementan), Para Pejabat Pimpinan Tinggi Madya (Dirjen, Irjen, Kepala Badan, Staf Ahli Menteri), Staf Khusus dan Tenaga Ahli Menteri, Seluruh Pimpinan Satuan Kerja dan Pegawai Kementerian Pertanian yang bergabung melalui online.




"Kalau Indonesia bisa sukses menghadapi segala turbulensi covid selama 3 tahun dan krisis ekonomi Indonesia yang tidak separah dulu, itu karena ada pertanian yang tangguh. Itu tandanya kalian adalah bagian dari pejuang rakyat," tutur Syahrul.


Ia melanjutkan, "Tinggal kita perkuat komitmennya hari ini, untuk bekerja karena pakai hati. Karena dari kata harmoni seperti tema kita ini di dalamnya terkandung makna empati, hati, nasionalisme, idealisme, untuk bersama sama menghadapi realita dan tantangan."




Menurut pria asal Makassar itu, kegiatan hari ini merupakan bagian dari konsolidasi hati kita, konsolidasi dari perasaan kita. Mengingat tantangan 2023 ini akan semakin luar biasa. Climate change diprediksi membuat krisis pangan dunia akan terjadi.


"Tapi, mari kita buat keputusan di sini, bahwa Indonesia tidak usah ragu, ada Kementan bersama petani yang siap membela. Kita berjuang untuk rakyat, tak pernah lelah pagi siang sore malam."


"Tanpa sadar kau membuat anak anak petani bisa sekolah, matanya tidak sembab lagi karena menangis. Hidup mereka sekarang semakin membaik. Kau mengantarkan 41 juta orang petani bersama keluarganya menuju sebuah kesejahteraan," ungkap Syahrul.




Oleh karenanya, orang nomor 1 di Kementan itu menghimbau di hadapan ratusan orang yang hadir secara luring itu untuk senantiasa torehkan prestasi yang makin gemilang, mandirikan terus bangsa, modern-kan kehidupan yang ada.


"Saya harap anak anak yang saya pimpin ini punya moral yang baik segalanya. Memulai sesuatu dengan berdoa, beribadah, karena itu solusi untuk menyelesaikan segala persoalan hidup," harapnya.


"Terimakasih Pak Ary atas motivasinya kepada para pimpinan dan insan Kementan. Kami siap membela bangsa dan rakyat, siap berjuang untuk rakyat, dan siap menaburkan kesejahteraan bagi petani di seluruh Indonesia," kata Syahrul dengan kacamata nyentriknya.


<more>


Ary Ginanjar yang turut berperan dan berkontribusi untuk Kementan tersebut, dalam kesempatannya ia memberikan motivasi kepada 1000 insan Kementan beserta pimpinannya.


"Apa yang disampaikan pak Menteri itu mantap, power, penuh energi. Inilah yang ditunjukan oleh pemimpin masa depan yang punya 5 A."


5A yaitu mental agility (itulah Kementan), change agility (bisa menghadapi segala perubahan sehebat apapun), people agility (bisa hadapi berbagai macam orang), learning agility (senantiasa belajar agar mencapai tujuan), dan yang terakhir adalah result agility (dengan capaian capaian yang luar biasa 34 penghargaan dan membuat Indonesia damai sejahtera).




"Kita bisa mencapai Indonesia lumbung dunia asal punya komitmen yang sama, kita selaraskan tujuan untuk mencapai Indonesia Emas 2045. Hidup hanya sekali lalu mati, maka wujudkan itu."


Pendiri Menara 165 itu menghimbau kepada insan Kementan, untuk selalu punya 3 komitmen yaitu komitmen intelektual, komitmen emosional dan komitmen spiritual.


Ary menjelaskan bahwa Komitmen inteletual (memenuhi target dari Dirjen, inovasi inovasi baru diciptakan untuk Kementan lebih maju), Komitmen Emosional (bekerja dengan sepenuh hati seperti yang dikatakan pak Menteri), dan Komitmen Spiritual (ingat pesan nabi "Apabila di tanganmu ada sebiji kurma, maka tanamkan meskipun besok akan kiamat).




"Do the best and anytime. Kementan membuktikan bahwa leader leadernya bisa menjadi yanh terbaik di saat krisis di Indonesia. Artinya untuk mencapai 2023 target yang kita sampaikan tadi, harus pegang 3 komitmen yang menjadi power di Kementan," jelas Ary.


"Dan ingat, untuk mencapai prestasi gemilang 2023 tidak cukup dengan kompetensi saja, harus diimbangi dengan energi yang onfire," tutupnya.




Dikatakan juga oleh Sekjen Kementan bahwa acara ini digelar atas arahan dari Mentan RI.


"Mentan menghimbau agar tahun 2023 ini kita harus bisa meraih prestasi yang gemilang. Oleh karena itu hari ini ditujukan untuk meningkatkan harmoni kebersamaan kita diseluruh jajaran Kementan baik dari pusat hingga daerah."


Lebih lanjut, "Untuk memperkuat dan penyelarasan pelaksanaan strategi lalu program pembangunan pertanian melalui peningkatan kinerja ASN dan penguatan Eeformasi Birokrasi, Pelayanan Publik serta Budaya Kerja lingkup Kementerian Pertanian."


"Dan yang terakhir adalah untuk memperkuat core values ASN BerAKHLAK," tutupnya.




Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA