Sabtu, H / 22 Januari 2022

IBIMA Launching Program UMKM, Reaksi Menteri Riset dan Teknologi Membuat 150 Orang Terdiam!

Selasa 10 Nov 2020 17:28 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Prof. Bambang P.S Brodjonegoro (Menteri Riset dan Teknologi Indonesia)

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA - IBIMA selenggarakan Integrated Launching & Kick Off: IBIMA PROGRAM TO SUPPORT INDONESIA BUSINESS & INDUSTRY RECOVERY ACCELERATION THROUGH SME/SMI & COOPERATIVE DEVELOPMENT pada Selasa (10/11/2020) pukul 13.00 – 16.30 WIB.


Event yang bertepatan dengan Hari Pahlawan tersebut dihadiri oleh Prof. Bambang P.S Brodjonegoro (Menteri Riset dan Teknologi Indonesia) bersama beberapa Founder di Indonesia yakni:


1. Ir. I Made Dana Tangkas, M.Si, IPU, ASEAN.Eng (CEO & Founder IBIMA)
2. Laksdya (Purn) D.A Mamahit (Chairman IRDI)
3. Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A. (CEO & Founder OK OCE)
4. Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian (CEO & ESQ LC)
5. I Gusti Putu Suryawirawan (Staf Khusus Menko Perekonomian & Founder IOI)
6. Hadi Kasim (CEO Triputra Group)
7. Prof. Evvy Kartini (Founder NBRI)
8. Bob Azam (Direktur PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia)
9. Farri Aditya (Presiden Direktur RMA)
10. Petrus Tedja H (CEO YPTI)


Kami sangat mendukung apabila IBIMA bisa memfasilitasi para UMKM kita agar lebih terekpos, lebih adaptif terhadap teknologi. Menjadikan teknologi sebagai daya saing UMKM tersebut ketika berada di market," papar Bambang saat duduk di kursi 'kebesarannya' dengan background foto Presiden dan Wakil Presiden RI saat ini.


Ia mengapresiasi inisitif dari IBIMA yang tidak hanya bicara mengeni pemberdayaan UMKM dalam konteks ekonomi. Tetapi memikirkan solusi agar UMKM tersebut keluar dari permasalahan yang terjadi saat ini. Salah satunya dengan menggunakan pendekatan teknologi.


"Kita sebagai bangsa mempunyai cita-cita besar yaitu Visi Pembangunan Nasional 2045. Dimana dalam 100 tahun kemerdekaan kita berharap Indonesia yang saat ini masih terkategori sebagai negara yang berpendapatan menengah atas bisa naik kelas menjadi negara berpendapatan tinggi," sambungnya.



<more>


Ir. I Made Dana Tangkas, M.Si, IPU, ASEAN.Eng (CEO & Founder IBIMA) di awal sesi telah menyapa Menteri Riset & Teknologi Indonesia serta para Narasumber dan sekitar 150 orang peserta webinar yang hadir dalam Zoom. Masih banyak lagi warganet yang menyimak dalam platform Youtube - Lean IBIMA – Svara – Social Media IBIMA (Instagram, Facebook, LinkedIn).


“Kita memikirkan tidak ada sebuah negara yang besar tapi tidak dibangun industrinya. Contoh Singapura, Jepang, Cina maju karena membangun industrinya. Dan industri tidak akan maju kalau tidak dibangun SDMnya yang unggul, kompeten dan professional," jelas Made Tangkas.




Bicara soal Sumber Daya Manusia (SDM), menarik perhatian Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian sebagai Tokoh Pembangunan Karakter.


“Dengan pak Made Dana Tangkas semuanya bergerak cepat, luar biasa. Dan saya ingin garis bawahi tentang apa yang dikatakan pak Menteri perihal SDM. Karena sejalan seperti yang disampaikan oleh Peter F. Drucker yaitu 'If we talk about management, we talk about human behavior and human institution'." tutur Ary dengan mantap sambil tersenyum.


Terlihat dari layar Youtube IBIMA, peserta dari Sabang hingga Merauke itu turut menyimak, penuh semangat dan tampak terkagum-kagum dengan perbincangan narasumber sore ini.




Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA