Kamis, H / 28 Maret 2024

Holding Danareksa Borong 13 Penghargaan AKHLAK Award 2, Dirut: Tahun Depan Top 5 di Seluruh Lingkungan Kementerian BUMN, InsyaAllah

Selasa 23 Aug 2022 20:50 WIB

Reporter :EDQP

Potret saat kegiatan berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA - PT Danareksa (Persero) bersama dengan seluruh anggota Holding Danareksa berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerja perusahaan

dengan menerapkan nilai AKHLAK BUMN (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) dalam setiap kegiatan bisnisnya. Komitmen kuat dalam penerapan dibuktikan secara nyata, yang mana Holding Danareksa berhasil meraih 13 penghargaan dalam AKHLAK Award 2022 yang diselenggarakan oleh ACT Consulting.

Penghargaan tersebut telah diumumkan sebelumnya pada 5 Juli 2022 lalu dan
pada hari ini, 23 Agustus 2022 diadakan penyerahan secara langsung oleh President ACT Consulting Ary Ginanjar Agustian kepada perusahaan anggota Holding Danareksa yang berhasil memenangkan penghargaan AKHLAK Award 2022 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Direktur Utama PT Danareksa (Persero), Arisudono Soerono mengatakan, "Kami sangat bangga terhadap anggota Holding Danareksa atas komitmennya dalam menanamkan nilai AKHLAK. Kami juga mengapresiasi sebesar-besarnya atas penghargaan yang diberikan oleh Kementerian BUMN, ACT Consulting serta seluruh pendukung kegiatan AKHLAK Award 2022."





"Melalui penghargaan ini, Holding Danareksa membuktikan bahwa etos kerja perusahaan anggota sudah sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir, yakni konsisten dalam menerapkan core values AKHLAK," sambungnya.

Arisudono berharap penghargaan ini dapat menjadi awal yang baik bagi Holding Danareksa dalam melaksanakan beragam transformasi. Ke depan, prinsip AKHLAK akan terus menjadi identitas Holding Danareksa dalam berpikir dan berperilaku.



"Dengan adanya pengukuran AKHLAK Culture Health Index dari ACT Consulting ini kita sekarang bisa memiliki sebuah alat yang bisa kita monitor sebagai tools supaya kita melihat hal hal apa saja yang bisa kita perbaiki dan hal hal apa yang bisa kita pertahankan," ucap Dirut Danareksa dalam paparannya.

"Sehingga kita berharap tahun depan bisa lebih banyak mendapat award lagi dan bisa mendapatkan top 5 di seluruh lingkungan Kementerian BUMN insyaAllah," harapnya.

Presiden ACT Consulting, Ary Ginanjar Agustian turut memberikan tanggapannya atas pencapaian Holding Danareksa dan mengatakan, "Selamat kepada Holding Danareksa yang berhasil mendapatkan 13 kategori penghargaan di ajang AKHLAK Awards 2022. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi kami terhadap kinerja BUMN yang terus meningkat."





Penulis buku AKHLAK bersama Menteri BUMN itu berharap agar penghargaan ini dapat menjadi penyemangat dan motivasi baru bagi Holding Danareksa untuk terus meningkatkan dan menanamkan nilai AKHLAK di perusahaan masing-masing Anggota holding Danareksa yang mendapatkan penghargaan AKHLAK Award 2.

"Secara rata-rata Cluster Danareksa sudah memiliki fokus yang seimbang terhadap 6 area kesadaran organisasi. Pada budaya saat ini, kesamaan perilaku organisasi anggota Cluster Danareksa secara rata-rata adalah Bekerjasama, Profesional, Menjalin hubungan dengan mitra kerja, Mengutamakan Kepuasan Pelanggan, Bertanggung Jawab, Membangun lingkungan kerja yang kondusif. Tak hanya itu, Cluster Danareksa memiliki positif energi yang tinggi dan mendukung pencapaian kinerja organisasi yang efektif dan efisien," papar Ary.


Pendiri Menara 165 itu membeberkan hasil pengukuran budaya kerja di Danareksa, sehingga menjadi faktor penentu untuk meraih piala dan piagam saat AKHLAK Award 2.


"Saya bacakan dulu hasilnya, di sini tertera nilai LOYAL rata-rata cluster Danareksa diangka 37,3% berada diatas rata-rata Nilai Loyal 176 BUMN & Anper saat ini, diangka 37,2%. Sedangkan Nilai indeks AKHLAK PT. Kliring Berjangka Indonesia (KBI) diangka 67,4% berada diatas rata-rata indeks AKHLAK 176 BUMN dan Anper saat ini, diangka 44,5%, luar biasa," pujinya.




13 penghargaan tersebut yakni PT Jalin
Pembayaran Nusantara (Jalin), PT Danareksa Finance dan PT Danareksa Investment Management meraih penghargaan untuk Total Indeks Implementasi AKHLAK kategori Anak Perusahaan BUMN Klaster Danareksa. Selanjutnya, PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI), PT Kawasan Industri Wijayakusuma (KIW) dan Perum Jasa Tirta I (PJT I) menerima penghargaan dari kategori yang sama sebagai BUMN anggota Holding Danareksa. PT Danareksa (Persero) sendiri turut mendapatkan penghargaan pada kategori Komitmen Klaster.

Sementara itu, PT KBI berhasil menerima penghargaan terbanyak di antara anggota Holding Danareksa dengan penghargaan pada kategori Perusahaan BUMN per Nilai AKHLAK, yaitu BUMN Amanah, BUMN Loyal, BUMN Adaptif dan BUMN Kolaboratif. Sementara, kategori BUMN Harmonis diraih oleh PT KIW dan PJT I yang nantinya akan bergabung dalam tahap 2 Holding Danareksa.

Penyerahan AKHLAK Award 2 ini dihadiri langsung oleh para Direksinya yakni Bonifacius Prasetyo (Dirut PT. Danareksa Finance), Egi Indrawati Santosa (Direktur Finance & Operations PT. Danareksa Investment Management), Boyke Yurista (Dirut PT. Jalin Pembayaran Nusantara), A. Pawitra Indriati (Direktur Keuangan PT. Jalin Pembayaran Nusantara), Fajar Wibhiyadi (Dirut PT. Kliring Berjangka Indonesia), Ahmad Fauzie Nur (Dirut PT. Kawasan Indsutri Wijayakusuma), Raymond Valiant Ruritan (Dirut Perum Jasa Tirta 1), Debby Priscilla (Head of Human Capital Division PT. Danareksa (Persero)), Putu Dewika (Corporate Secretary PT. Danarkesa (Persero)), Culture team Danareksa, dan lainnya.


<more>


Hadir juga di dalamnya salah satu tim dari ACT Consulting yang mengatakan bahwa, "Danareksa ini merupakan suatu holding company yang menurut saya cukup unik karna klaster bisnisnya ada banyak (gabungan). Itu suatu pencapaian yang sungguh sungguh luar biasa dalam mengimplemengasikan AKHLAK."

"Mengapa demikian? Karena kalau bicara culture bukan perkara yang mudah. Jika bicara culture kita juga bicara tentang leadersnya yang menjadi role model. Tidak ada penerapan culture tersebut tanpa ada tools of leadersnya. Jadi tergantung bagaimana BoD atau pimpinan danareksa bisa menciptakan keseimbangan antara peningkatan bisnis dan budaya perusahaannya," tutur Bintarti Widayanti selaku Program Director Leadership Tranformation.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA